Pemdes Sentul Bagikan 2.295 Bibit Untuk Kelompok Wanita Petani



TRIBUNUSANTARA.COM, MALANG -  Pemerintahan Desa (Pemdes) Sentul, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan membagikan sejumlah 2.295 berbagai macam bibit untuk Kelompok Wanita Petani, Jum'at (28/12/18).

Bibit tersebut diberikan langsung oleh Kepala Desa Sentul Sugianto, Umi Koodinator Penyuluh Kecamatan Purwodadi, beserta Muhamad Tohir Kepala Dusun Gunting yang didampingi Basori itu langsung ke warga.

Sugianto Kepala Desa Sentul kepada wartawan mengatakan, memanfaatkan pekarangan rumah dengan tanaman beragam pangan, salah satunya bibit buah Alpukat, itu diharapkan hasilnya mampu berkembang. Sehingga kedepannya atau di tahun berikutnya, warga yang sekarang belum kebagian akan diberi bantuan serupa.

Selain itu, pihaknya juga berharap dampak dari program tersebut dapat membantu warganya dalam memenuhi kebutuhan pangan keluarganya sehari-hari. Termasuk yang berkaitan dengan penataan ekonomi masyarakat.

"Bibit ini merupakan program yang di gagas dari Desa untuk kelompok para petani. Dengan harapan, agar warga bisa terbantu sesuai potensi dan bisa membangun perekonomian masyakarat," ujar Sugianto kepada wartawan di kediaman Basori, Dusun Gunting, Desa Sentul.

Masih lanjut Kepala Desa Sentul, Ia sangat bersyukur. Pasalnya, atas antusias warganya yang selama ini telah mendukung penuh serta terlibat dalam kemajuan Desanya itu merupakan hal yang luar biasa, sehingga sampai saat ini Sentul menjadi lebih maju dan lebih baik.

"Saya sangat bersyukur dan berterima kasih atas apresiasi dari warga, yang juga turut mendukung kemajuan Desanya agar lebih baik dan lebih maju," imbuhnya.

Ditempat yang sama, hal senada juga disampaikan oleh Umi selaku Koordinator Penyuluh Kecamatan Purwodadi. Dirinya mengatakan, bahwa dengan adanya ini bisa memotivasi kembali dan meningkatkan potensi Kelompok Wanita Tani yang ada di Desa Sentul.

"Saya harap dengan adanya ini, bisa memotivasi kembali dan meningkatkan potensi Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Desa Sentul, apalagi perkumpulan tersebut sudah memiliki SK Bupati," terang Umi.

Pihaknya juga melanjutkan, bahwa KWT yang menerima bibit ini akan dikawal, dibimbing baik cara perawatannya maupun cara penggunaan pupuk yang disesuaikan dengan kultur tanah.

Sementara itu, Basori selaku tuan rumah juga menerangkan. Bahwa, terdapat Empat macam bibit dan sebanyak 600 buah Poliback yang diberikan ke 45 lebih warga KWT tersebut.

"Ada empat macam bibit diantara, Terong, Tomat, Lombok, dan Alpukat. Tidak hanya itu, Pemdes juga membagikan sebanyak 600 Poliback dengan harapan saya, agar warga ini punya kegiatan dan bisa mengembangkan potensinya," pungkas Basori.   (an)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.