Gembleng Disiplin dan Tanggung Jawab, Satgas Yonif Raider 408/SBH Latih Linmas Berbaris





Belu, tribunusantara.com  - Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan memelihara keamanan, ketentraman, ketertiban masyarakat dan penanganan bencana. Istilah Linmas sendiri merupakan singkatan dari perlindungan masyarakat yang telah mengalami distorsi sehingga dikaitkan dengan sebuah fungsi yang lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil.

Atas dasar tersebutlah anggota Pos Mahen Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif R 408/Sbh Sertu Yusuf dan Kopda Arif melaksanakan pembekalan kepada anggota Linmas se-Kecamatan Lasiolat dengan jumlah peserta sekitar 52 orang, di Aula Kecamatan Lasiolat, Dusun Lahurus, Desa Fatulotu, Kecamatan Lasiolat, Kabupaten Belu, Rabu (10/4/2019).

Komandan Pos Mahen Sertu Yusuf menyampaikan bahwa Pembekalan Linmas se-Kecamatan Lasiolat ini diisi dengan materi latihan baris berbaris dan bela negara, dengan tujuan agar para anggota Linmas mempunyai kepercayaan diri dan rasa tanggung jawab.

"Manfaat yang didapat dari pembekalan baris berbaris antara lain melatih konsentrasi, solidaritas, disiplin, tanggungjawab, serta melatih kekompakkan dalam sebuah tim," ungkap Danpos.

Dalam melaksanakan tugasnya, Satgas Pamtas Yonif Raider 408/SBH Pos Mahen selalu berkoordinasi dengan aparat terkait di desa maupun di kelurahan seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, termasuk Linmas di daerah binaan agar setiap kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan lancar.

Salah seorang anggota Linmas yang bernama Stanis L.B. Lelo, mengatakan bahwa dirinya merasa senang telah diberi pembekalan materi baris berbaris yang dilatihkan langsung oleh bapak TNI Pos Mahen.

"Kami juga dibekali materi belanegara yang nantinya sangat bermanfaat bagi kami dalam menjalankan tugas," pungkasnya. (Satgas Pamtas RI-RDTL)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama