Polres Pasuruan Siaga Menjaga Kondusifitas Kamtibmas Masyarakat Pasuruan




Pasuruan,  Tribunus-antara.com-Polres Pasuruan siap mengamankan dan memberikan kenyamanan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Pasuruan. Baik pengamanan yang dilakukan di lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) maupun menjaga kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama Pemilu berlangsung.   

Diantara bentuk kesiapan pengamanan dilakukan dengan menggelar Apel Pergeseran Pasukan petugas pengamanan TPS Pemilu serentak di wilayah hokum Polres Pasuruan di halaman Mapolres Pasuruan, Senin (15/4/2019). Dipimpin langsung oleh Kapolres Pasuruan, AKBP Rizal Martomo, kegiatan tersebut ditujukan untuk mengecek seluruh petugas Polri. Termasuk sarana dan prasarana yang akan dibawa saat melaksanakan pengamanan di lokasi TPS untuk  menyukseskan pesta demokrasi serentak tahun 2019.

“Mengingatkan arti penting dan strategisnya Pemilu untuk keberlangsungan kepemimpinan nasional, pemerintah dan pembangunan dalam mencapai tujuan negara, maka pada konteks inilah Polri sebagai penanggung jawab keamanan dalam negeri berkewajiban mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu serentak 2019. Tentunya dengan menjunjung netralitas Polri dengan tidak melakukan keperpihakan dan politik praktis”, tegasnya.

Dalam kesempatan berbeda, Kapolres juga menyampaikan bahwa Polres Pasuruan telah  menyiapkan pasukannya yang siap disebar di masing-masing TPS di 24 Kecamatan. Pola pengamanan TPS yang diberlakukan, masing-masing anggota Polres Pasuruan mengamankan 7 TPS, dibantu 14 Linmas, TNI dan Satpol PP. Total ada 468 personel Polres Pasuruan yang siap mengamankan seluruh TPS. Sedangkan pada saat pelaksanaan Pemilu besok, Rabu (17 April 2019), Polres Pasuruan akan melakukan patroli tiga pilar untuk membantu pengamanan di TPS yang juga dibagi menjadi 3 rayon. 

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat agar besok bisa datang bersama-sama ke TPS masing-masing untuk memberikan hak suaranya mulai jam 7 pagi sampai 1 siang. Sekaligus kami harapkan bisa saling menjaga ketertiban dan keamanan di tempat tinggalnya. Sehingga Pemilu bisa berjalan aman dan kondusif”, tuturnya pada saat dihubungi Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Selasa (16/4/2019).   

Sementara itu, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan, Winaryo menyatakan bahwa sejak kemarin, semua logistik sudah berada di PPK kecamatan-kecamatan untuk kemudian didistribusikan ke seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS). Targetnya dapat dibagikan ke seluruh TPS di 24 Kecamatan yang berjumlah 4.377 TPS.

“Kami terus berkoordinasi dengan PPK, termasuk pemantaban teknis di lapangan. Misalnya, memastikan lagi apa saja tugas-tugas saksi di masing-masing TPS. Karena pada prinsipnya, semuanya harus memahami alurnya untuk disampaikan kepada setiap KPPS. Untuk lebih memeriahkan Pemilu besok, kami juga menggelar lomba Pemilu Fun 2019. Masing-masing, Lomba Selfie Terbaik, Selfie Terunik dan Lomba Foto TPS dan KPPS Kreatif dengan hashtag #nyoblositukeren. Berhadiah jutaan rupiah bagi para pemenang”, jelasnya. (Tatak  Wiyono)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.