Kasdim 0703/Cilacap Sambangi Wilayah Cilacap Utara Bangunkan Warga Melalui Kenthongan Sahur




Cilacap,  tribunusantara.com - Bangunkan sahur umat islam sekaligus jalin kebersamaan dengan warga masyarakat yang ada di wilayahnya, Kodim 0703/Cilacap dan Koramil Jajarannya, melaksanakan kentongan sahur dengan melibatkan stake holder dan unsur Forkopincam yang ada di wilayahnya.

Di Koramil 18/Cilacap Utara, kegiatan kenthongan sahur yang dipimpin Kasdim 0703/Cilacap Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian dilaksanakan dengan melibatkan Perwira dan anggota Kodim 0703/Cilacap, unsur Forkopincam Cilacap Utara, stake holder dan warga masyarakat dengan melaksanakan kentongan sahur keliling kampung Kelurahan Gumilir, Kecamatan Cilacap Utara, Rabu (15/5/19).

Selain guna untuk membangunkan warga yang akan melaksanakan sahur dibulan suci Ramadhan 1440 H tahun 2019, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kebersamaan dan kegotongroyongan warga sehingga dalam menjalankan ibadah puasa tidak kesiangan. Di samping itu juga untuk memotifasi warga yang sedang melaksanakan tugas ronda malam guna terciptanya lingkungan yang aman dan nyaman .

" Dengan menggunakan alat tradisional kenthongan, kita Kodim dan Koramil 18/Cilacap Utara, bersama unsur Polri, Camat dan Tokoh Masyarakat dan Pramuka, membangunkan warga untuk melaksanakan sahur agar mereka tidak kesiangan. Selain itu, melalui kegiatan ini, kita wujudkan kebersamaan dan kegotongroyongan warga sekaligus memantau keamanan lingkungan sehingga harapannya keamanan wilayah tetap terjaga di bulan suci ini," terang Kasdim Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian kepada Wartawan.

Selain itu menurut Kasdim, tujuan kegiatan adalah menggugah kesadaran warga untuk menjaga lingkungannya sehingga nyata di masyarakat bahwa kegiatan ini untuk membuat keteduhan, kenyamanan masyarakat dalam menjalankan ibadah sampai lebaran sehingga situasi di wilayah Cilacap yang sudah kondusif akan semakin kondusif.

" Kegiatan ini kita laksanakan setiap hari bersama masyarakat, Koramil Polsek yang tersebar di wilayah Kabupaten Cilacap. Himbauan kami kepada masyarakat untuk selalu waspada dan meningkatkan keamanan lingkungannya agar kenyamanan, keamanan yang sudah kondusif tetap terjaga hingga menjelang dan setelah lebaran," tandasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan ini juga mendapat apresiasi dari Kyai Slamet Riyadi, salah satu Tokoh Masyarakat Kelurahan Gumilir. Menurutnya, kegiatan ini telah menggugah kesadaran warga untuk membangunkan sahur dan menjaga keamanan lingkungan.

" Kita sebagai masyarakat tentunya senang dan bangga karena kegiatan ini telah menggugah kesadaran warga untuk menjaga keamanan lingkungannya dan harapannya kegiatan ini terus dilakukan guna membangunkan sahur agar masyarakat bisa melaksanakan puasa di siang hari, " tuturnya.

(Urip)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama