Kodim Kulon Progo Laksanakan Komsos Dengan Apem




Kulon Progo.  Kamis, 16 Mei 2019, pukul 13.25-15.15 WIB, bertempat  di Aula Adikarta Gedung Kaca Pemkab Kulon Progo, berlangsung Komunikasi Sosial (Komsos) Kodim 0731/Kulon Progo dengan Aparatur Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, dengan tema "Melalui Komunikasi Sosial Dengan Aparat Pemerintah Kita Tingkatkan Sinergitas dan Kerjasama Guna Menyiapkan Wilayah Pertahanan dan Kekuatan Pendukungnya Untuk Tercapainya Tugas Pokok TNI AD".

Pejabat yang hadrir antara lain dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) (Bupati Kulon Progo), Akid Nuryati (Ketua DPRD Kulon Progo), Letkol Inf Dodit Susanto, A.Md (Dandim 0731/Kulon Progo), Kompol Dedi Surya Dharma, SIK (Waka Polres Kulon Progo), Ir. Astungkoro, M.Hum (Sekda Kulon Progo), Kompol Karyoto (Den B Brimob Sentolo), Kapten Lek Bambang Suryo (Kasi Lamja Satradar 215/Congot), Kunto (Kejaksaan Kulonprogo), Seluruh Kepala OPD Kulon Progo, Seluruh Camat Kulon Progo, Seluruh Danramil Jajaran Kodim 0731/Kulon Progo, Seluruh Kapolsek Polres Kulon Progo dan Kades se-Kulon Progo

Dandim dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran tamu undangan terutama Pak Bupati yang telah meluangkan waktu dan meminjamkan tempat.  Komsos ini adalah bentuk sinergitas anggota TNI, Polri dan Pemda serta masyarakat.  Mari kita bersama-sama meningkatkan kewaspadaan kita dalam menghadapi era globalisasi.   Indonesia berpotensi direbutkan oleh negara lain karena kekayaan Indonesia.   Tahun 2019 ini kita telah melaksanakan Pemilu Presiden dan Pileg dan untuk wilayah Kulon Progo berjalan dengan tertib dan aman.  Kedepan kita selalu menjaga kondusifitas terutama menjelang pengumuman hasil pemilu pada tanggal 22 Mei 2019.

Terkait dengan bela Negara, awalnya dari rasa cinta tanah air, sehingga akan tumbuh untuk membela tanah air kita.  Ancaman yang sekarang berkembang yaitu dari berita bohong atau hoax, hal ini kalau dibiarkan akan memecah belah bangsa.  Kami berharap proses hasil pemilu kita serahkan ke penyelenggara pemilu dan apabila ada permasalahan silahkan laporkan ke yang berwenang

Bupati Kulon Progo dengan Materi Bangsa Kita Yang Toleransinya Tinggi antara lain : nilai luhur Bangsa Indonesia yaitu gotong royong, kekeluargaan, kerjasama dan musywarah, merupakan cerminan dari Pancasila yang mampu untuk menghindari perpecahan.   Setelah Reformasi banyak penyimpangan seperti semakin individulis , hilangnya budaya gotong royong, kapitalisme, liberalisme, korupsi, kesenjangan meningkat. 

 Itu semua penyimpangan yang harus dikalibrasi oleh masyarakat itu sendiri, dengan harapan agar kembali ke jalur tegak lurus sesuai UUD 45 dan Pancasila.  Rekontruksi sosial dengan revolusi mental penting yaitu untuk merubah mainset masyarakat.  Tujuan Revolusi Mental adalah untuk mensejahterakan rakyat, berdikari dibidang ekonomi, dengan ekonomi kerakyatan untuk mencapai keadilan sosial dan kesejahteraan.  Merubah minset itu penting melalui Sumber Daya Manusia akan merubah kinerja yang lebih baik.



Kulon Progo sudah mengeluarkan Perda pendidikan karakter yaitu yang bersifat religious, kemataraman dan gotong royong. Di sekolahan Kulon Progo diharapkan SD sudah bisa mengkatamkan kitab suci masing-masing sehingga akan menghindari perpecahan bangsa.  Kita harus menjunjung tinggi dan mencontoh nilai-nilai pahlawan yaitu sederhana dan iklas.

Wakapolres Kulon Progo dengan materi Integritas NKRI dalam upaya menumbuhkan rasa paham dan semangat kebangsaan.   Posisi geografis Indonesia sangat strategis akan menimbulkan ancaman baik dari dalam negeri maupun luar negeri.  Wawasan Kebangsaan memiliki 3 dimensi yang harus dihayati yaitu Rasa Kebangsaan, Paham Kebangsaan dan Semangat Kebangsaan.   Implementasi Wawasan Kebangsaan yaitu dengan meningkatkan rasa kebangsaan kepada seluruh rakyat Indonesia agar merasa memiliki bangsanya.  Memiliki rasa bangga sebagai WNI yaitu bangga dengan hasil karya bangsa sendiri, bangga dengan alam bangsa sendiri, bangga dengan budaya sendiri.  Membina rasa persatuan dan kesatuan bangsa guna menjaga tegaknya NKRI yaitu dengan menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi. Meningkatkan rasa kebangsaan bahwa bangsa Indonesia yang di bangun berdasarkan persatuan dan kesatuan yang di landasi kebersamaan. Bahwa pembangunan bangsa dan negara bukanlah tanggung jawab pemerintah saja tetapi merupakan tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia.

Komunikasi Sosial (Komsos) Kodim 0731/Kulon Progo dengan Aparatur Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, berlangsung dengan tertib dan aman.  (Pendim 0731/KP).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama