Masuk Puasa, Babinsa Koramil 1011-11/Bahaur Monitoring Harga Kebutuhan Pokok



Kuala Kapuas, Selasa (8/5/19) - Komunikasi Sosial merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan dan lebih mempererat hubungan antara TNI dan Masyarakat.

Salah satunya yang dilakukan Babinsa Koramil 1011-12/Bahaur, Serma Ari Wiyanto dan Sertu Gazali Rahman melaksanakan Komunikasi Sosial dengan para pedagang Pasar Rakyat Desa Bahaur Hilir, Kecamatan Kahayan Kuala dalam rangka memantau situasi serta monitoring harga kebutuhan pokok selama puasa Ramadhon 1440 H dan menjelang Hari Raya Idhul Fitri 1440 H.

Hal ini disampaikan Komandan Kodim 1011/Kuala Kapuas, Letnan Kolonel Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P di Makodim 1011/Klk. Dikatakan oleh Dandim 1011/Klk, Pasar Rakyat Desa Bahaur Hilir merupakan salah satu pusat berkumpulnya masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok. Hal inilah yang mendasari Babinsa untuk melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos).

"Di pasar Babinsa dapat menjalin komunikasi dengan segenap lapisan masyarakat. Baik itu pelaku ekonomi, maupun dengan masyarakat pada umumnya," kata Dandim 1011/Klk.

Dikatakan juga, Babinsa adalah ujung tombak satuan dilapangan, dengan melaksanakan Komsos segala permasalahan yang terjadi di wilayah binaannya dapat sedini mungkin diketahui, sehingga setiap potensi yang menimbulkan kerawanan dapat segera terselesaikan.

"Hal seperti ini akan terlaksana apabila Babinsa dapat menyesuaikan diri dan baik-baik dengan masyarakat, jauhi sikap arogan, aktif bermasyarakat serta pedomani sikap Ter," pesan Dandim 1011/Klk pada Babinsanya.

Sedangkan Babinsa 1011-11/Bahaur, Serma Ari Wiyanto menyampaikan, melalui Komsos dapat meningkatkan tali silaturahmi antara TNI dengan masyarakat. Selain itu melalui kegiatan tersebut dirinya dapat memonitoring harga kebutuhan pokok. Karena kebutuhan pokok sangat mempengaruhi dan begitu cepat menimbulkan gejolak sosial di masyarakat, apa lagi menjelang bulan Puasa.

"Sebagai Babinsa, saya merasa perlu mengetahui tentang hal-hal yang berdampak sosial di wilayah binaan saya," tegasnya.

Marni (39) salah satu pedagang mengucapkan, sangat berterimakasih kepada Bapak Babinsa yang sudah berkenan singgah di lapak jualannya. "Saya sebagai pedagang di pasar ini, merasa aman dan tenang karena sering di sambangi oleh Bapak-Bapak Babinsa. Kami di sini merasa terlindungi dan keamanan terjamin,"ungkap Marni. (Pendam XII/Tpr)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.