Memaksimalkan Sumber Mata Air untuk Kebutuhan Warga Desa Gendro




Pasuruan- Tribunus-antara.com -  Pentingnya air bersih bagi kehidupan membuat jajaran pemerintah desa Gendro,kec. Tutur terus berupaya memaksimalkan pemanfaatan sumber mata air yang dimiliki.Terlebih desa yang mayoritas mata pencaharian warganya sebagai peternak sapi perah dan bunga Krisan ini.Dimana kebutuhan air bersih sangat tibggi dan vital keberadaannya.Hingga saat ini sumber mata air yang benar-benar dijaga kelestariannya tersebut bisa mengcover seluruh kebutuhan warganya yang ada di 3 dusun diantaranya Bangkingan,Gerdu serta dusun Dukutan.
 
"Dimana air bersih selain vital untuk kebutuham sehari-hari,sapi perah juga demikian.Konsumsi air bersih untuk ternak juga sangat besar," kata kades Gendro Sulthon belum lama ini pada Tribunus-antara.com.
 
Untuk dusun Bangkingan kata kades,selain dari sumber langsung melalui distribusi pipa juga sudah terbangun Pamsimas yang juga sudah terdistribusikan ke masyarakat.Mengingat besarnya sumber mata air yang ada di Bangkingan ini sangat potensial untuk dijaga kelestariannya,membuat salah satu perusahaan yang ada di Gendro turut pula memanfaatkannya dengan sistem kontrak dengan pemdes setempat."Pihak perusahaan kontrak pemanfaatan air bersih ini selama 10 tahun," jelas kades.
 
Sementara itu,Camat Tutur,  Drs. Eddy Supriyanto MM menambahkan bahwa keberadaan sumber mata air di wilayah nya umumnya memang merupakan hal yang benar-benar dijaga keberadaannya.
 
"Karena pentingnya air bersih di wilayah tersebut, sehingga air bersih merupakan barang yang berharga,"terang camat Eddy.
 
Tapi,masih kata camat Eddy selama kebutuhan air bersih bagi warga sudah tercover,warga tidak kekurangan air bersih,bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain termasuk desa lain yang ada di wilayah, jelasnya.    (TATAK WIYONO)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.