Verifikasi STBM 5 Pilar di UPTD Puskesmas Panjatan




Kulon Progo.  tribunusantara.com - Jum’at, 10 Mei 2019, pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai, Babinsa Kanoman Sertu Pujiyanto dan Babinsa Cerme Serda Ciptadi, Koramil Panjatan, Kodim Kulon Progo, menghadiri verifikasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 5 pilar, yang dilangsungkan di UPTD Puskesmas Panjatan I, Kulon Progo.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. Lima pilar STBM itu diantaranya, pertama, Tidak buang air besar disembarang tempat, kedua Mencuci tangan dengan sabun dan dengan air yang mengalir, ketiga mengelola air minum rumah tangga, keempat, Mengola sampah rumah tangga, kelima, Mengolah limbah cair rumah tangga.

Acara dihadiri oleh Ibu Haryani Skm selaku Koordinator STBM  Puskesmas Panjatan I, Kasi Kesra, Perwakilan Kader Posyandu, Perwakilan Penerima Bantuan Jambanisasi se-wilayah Puskesmas Panjatan I.  Dengan adanya pembekalan tersebut diharapkan dapat memberikan ilmu bagi para Kasi Kesra dan Kader Kesehatan Desa sehingga dapat memberikan gambaran/sosialisasi kepada warga masyarakat.  (Pendim 0731/KP).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.