Prajurit TNI dan PNS Kodim 0703/Cilacap Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila




Cilacap - Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0703/Cilacap Mayor Inf. Ahmad Rofik Alfian memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang diikuti seluruh Prajurit TNI dan PNS Kodim 0703/Cilacap di Lapangan Kodim Jln. Jenderal Sudirman No. D-1 Cilacap, Sabtu (1/6/19).

Pada upacara peringatan Hari lahirnya Pancasila tersebut, Kasdim membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI. Dalam amanatnya mengatakan, Pancasila dinilai mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Indonesia hidup dan bahagia dalam keberagaman Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para "pendiri bangsa" merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna
berhasil merealisasikan Pancasila, kita akui bahwa eksistensi
keindonesiaan baik sebagai bangsa
maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila. Nilai-nilai Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.

Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Demikian salah satu petikan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI.

Namun dari itu semua yang perlu menjadi perhatian kita semua adalah kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah hari lahirnya Pancasila dan meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara bahwa Pancasila satu satunya dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

(Urip)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama