Babinsa Koramil 406-06/Tugu Mulyo Bantu Petani Menyemprot Hama Tanaman Padi





Lubuklinggau, Sumsel Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 406-06/Tugu Mulyo Kodim 0406/Mura Kopda Taufik terjun Iangsung ke sawah guna melaksanakan pendampingan Upsus (Upaya Khusus) pada Kelompok Tani Mana Resmi yang diketuai oleh Bapak Soleh guna penyemprotan hama tanaman padi agar tanaman padi terhindar dari penyakit dan dapat tumbuh dengan subur sehingga hasil panen nantinya dapat maksimal, Selasa (17/7/2019).

Dalam kegiatan tersebut Koramil 406-06/Tugu Mulyo melalui Babinsa Desa Mana Resmi Kec. Muara Beliti Kopda Taufik mengungkapkan, membantu petani menanggulangi ancaman hama ulat dan wereng coklat. “Disamping itu para petani dianjurkan untuk melaksanakan pengeringan sawah pada waktunya, sehingga semua predator juga akan membantu para petani memangsa telor keong mas, wereng coklat, ulat penggerek batang (walang sangit) dan dapat memangsa hama Iainnya”, ungkap Kopda Taufik.

Lanjut Kopda Taufik bahwa “Penyemprotan ini untuk mengantisipasi hama ulat pengulung daun maupun wereng, selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput ilalang yang bakal tumbuh di sekitar tanaman padi”, jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Kopda Taufik bersama Kelompok Tani juga lakukan sosialisasi dengan mengajak para petani untuk proaktif dalam menaggulangi serangan hama ulat pengulung daun maupun hama tanaman yang lainnya seperti tikus dan wereng sebagai antisipasi pengendalian hama menyerang tanaman padi. Selain itu Babinsa juga menghimbau kepada para petani untuk melakukan penyemprotan secara serentak guna mengendalikan serangan hama agar dapat maksimal hasilnya.

Penrem 044/Gapo, 16 Juli 2019

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama