Header Ads

Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Korem 121/ABW Gelar Lomba Tari Melayu, Japin Dan Karate




Sintang. Kalbar, tribunusantara.com  - Bertempat di Aula Balai Prajurit Korem 121/Abw telah dilaksanakan pembukaan  Lomba Tari Japin Kreasi Melayu dan Perlombaan Karate Tingkat SD dan SMP sederajat Sekota Sintang dalam rangka kegiatan Komsos Kreatif Korem 121/Abw TA. 2019 (Selasa, 13/8/2019).

Kegiatan kni dihadiri oleh Para Kasi Korem 121/Abw, Bupati Sintang, Dan/Kabalakrem 121/Abw, Dandim 1205/Stg, Kadisporapar Kabupaten Sintang, Kadis Diknas Kabupaten Sintang, Ketua KONI dan Ketua FORKI serta Para Ketua Kontingen peserta.
 
Dalam Sambutannya Danrem 121/Abw Brigjen TNI Bambang Trisnohadi yang dibacakan oleh Kepala Staf Korem Kolonel Inf. Achmad Solihin menekankan pentingnya Kolaborasi budaya sebagai warisan sejarah leluhur bangsa dalam upaya penanaman mental, karakter dan sebagai sarana/wadah dalam kreasi seni, olahraga dan prestasi melalui media pendidikan beladiri dan pengenalan budaya yang dikemas dalam Kejuaraan Karate dengan sasaran utama generasi - generasi milenial yaitu anak – anak di usia emas Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Lanjutan Pertama (SMP) yang diharapkan menjadi salah satu sarana dalam menyiapkan suatu generasi anak – anak bangsa dimasa depan yang produktif, edukatif, memiliki sifat/berkarakter positif (fairplay) dan gemar berolahraga sebagai bagian pola hidup sehat serta mencintai bangsa dan negaranya dalam kebhinekaan.

  Keaneka ragaman tradisi  kebudayaan dan adat - istiadat yang merupakan corak dan ciri khas masing – masing daerah yang terus berkembang sesuai situasi, kondisi serta adanya pengaruh budaya asing yang secara substansi dasar mampu beradaptasi dan membaur dengan budaya lokal seperti halnya Tari Japin yang memiliki ciri khas pergerakan kaki cepat mengikuti rentak pukulan gendang merupakan khazanah Tarian Rumpun Melayu yang bersifat edukatif sebagai media dakwah melalui syair lagu yang di dendangkan terpadu dalam kreasi seni menghibur dan di perkiraan berasal dari Yaman yang masuk ke Indonesia seiring masuknya budaya Islam ke Nusantara.
 Dengan hal diatas sangat tepat tema yang diusung'Melalui kegitan komsos kreatif kita tingkatkan rasa cjnta tanah air .Wawasan kebangsaan dan kesadaran beebangsa dan bernegara serta menjaga  dan mempertahankan Kedaulatan NKRI'
 
  Ditekankan pula oleh Danrem sangatlah pentingnya mewaspadai “Konspirasi Global” yang berpotensi melahirkan imperialisme sebagai bentuk penjajahan modern, hasil reinkarnasi kolonialisme dengan target utama negara negara “Dunia Ketiga” yang selalu berupaya melakukan propaganda dengan memanfaatkan keragaman dan kebhinekaan kita serta menanamkan pengaruh dan doktrin – doktrin kontra produktif yang pada akhirnya melahirkan “Generasi – Generasi ke – Empat” yang cenderung pada sikap apatis dan perilaku yang mengarah pada Disintegrasi Bangsa.

Di akhir sambutannya Komandan Korem 121/Abw Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, Menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada semua pihak atas pengabdian, dedikasi dan kecintaan terhadap warisan budaya luhur bangsa dan juga Kepada para Sensei (pelatih) dalam memberikan bekal dan makna sebuah sportifitas dalam olahraga.

Penrem 121/ABW

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.