Danrem 162/WB Bersama Bupati KLU Serahkan Kunci RTG Secara Simbolis




Lombok Utara, NTB  - Proses percepatan rehab rekon rumah rusak akibat gempa bumi tahun lalu hingga sekarang masih terus dilakukan. Berbagai upaya untuk mempercepat proses pembangunan rumah tahan gempa (RTG) dilakukan sesuai prosedur yang ditetapkan Pemerintah.

Hari ini, Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., bersama Bupati Lombok Utara Dr. H. Najmul Akhyar, SH. MH.,Kalak BPBD Provinsi NTB H. Ahsanul Khalik, S.Sos., menyerahkan kunci rumah RTG secara simbolis di Dusun Sejongga Desa Kayangan kepada perwakilan masyarakat desa setempat, Selasa (24/9).

Danrem 162/WB dalam sambutannya dihadapan warga memberikan apresiasi kepada para fasilitator baik Babinsa maupun sipil. "Mereka adalah pahlawan bagi korban gempa NTB karena perannya sangat dominan mendampingi masyarakat dalam proses rehab rekons, semoga menjadi ladang amal ibadah bagi mereka," ujarnya.

Menurutnya, percepatan rehab rekons rumah jadi di wilayah Lombok Utara agar lebih signifikan lagi sehingga warga bisa segera kembali ke rumahnya masing-masing dalam keadaan baik dan nyaman.

Danrem juga meminta kepada rekan-rekan media untuk membantu mensosialisasikan progress pembangunan RTG kepada masyarakat dengan harapan masyarakat memperoleh informasi-informasi yang real.

Sebelumnya, Bupati Lombok Utara dalam sambutannya menyampaikan presmian RTG yang merupakan bantuan dari pusat akan ditandai dengan penyerahan kunci kepada perwakilan masyarakat.

Najmul Akhyar juga meminta masyarakat yang belum menerima rekening agar bersabar karena Pemerintah dan semua pihak masih berusaha dengan masukkannya kedalam SK 22 sampai 27 sehingga masyarakat dapat mencairkan dana dan membangun rumah sesuai dengan harapan.

Sementara Kalak BPBD Provinsi NTB H. Ahsanul Khalik, S.Sos., mengucapkan rasa syukur bahwa NTB sudah bisa bangkit kembali. Terkait kekurangan yang belum dari pemerintah pusat, menurut Ahsanul Khalik, Pemerintah telah menyiapkan dana sekitar 1 triliun lebih kepada Pemprov NTB.

"Mari kita lupakan kesedihan, kita bangkit bersama dengan saling membantu dan bersinergi baik dengan masyarakat, pendamping, TNI/Polri sehingga semua permasalahan terselesaikan dengan baik," pungkasnya.

Acara penyerahan kunci juga dilakukan di Desa Mumbul Sari Kecamatan Bayan Lombok Utara dan dihadiri Dandim 1606/Lobar Kolonel Czi Efrijon Kroll, Kasi Intel Korem 162/WB Mayor Inf Hendra Sukmana, Kalak BPBD KLU, Muspika dan Kades setempat, para Fasiltator TNI dan Sipil, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat.

Adapun jumlah rumah yang diserahkan sebanyak 4.297 unit dengan rincian di Kecamatan Bayan sebanyak 1.904 unit dan di Kecamatan Kayangan 2.393 unit. (Penrem 162/WB)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama