Peresmian Saung Tani, Babinsa, PPL dan Gapoktan Do'a Bersama Sambut Musim Panen




Cilacap - Penantian panjang para petani di Desa Sidasari kini terwujud dengan dibangunnya Saung Tani dan Pos Penyuluhan desa, yang berlokasi di hamparan sawah Bengkok yang ada di desanya. Wujud rasa syukur tersebut diwujudkan dalam Doa Bersama untuk menyambut musim panen sekaligus diresmikan sebagai tempat berkumpul para petani oleh Kepala Desa Sidasari Sarifudin SH, Kamis (5/3/20).

Kegiatan tersebut oleh seluruh anggota Kelompok Tani yang ada di desa Sidasari. Tampak hadir pula Babinsa Sidasari Sertu Marhadi bersama Saryo selaku Koordinator PPL Sampang, Babinkamtibmas Aiptu Eling, Wakil Ketua BPD Desa Sidasari Latif, Ketua Gapoktan Restu Jaya Desa Sidasari beserta para Ketua Kelompok Tani Desa Sidasari.

Kepala Desa Sidasari Sarifudin SH mengungkapkan, para petani didesa ini telah lama mengidam-idamkan mempunyai tempat untuk berkumpul dan dengan berdirinya saung ini, dia dan seluruh warganya sangat bersyukur karena tempat yang diidamkan, kini telah berdiri dan siap digunakan baik sebagai tempat pertemuan maupun bisa juga sebagai tempat penyuluhan kepada para petaninya.

" Saya sangat bersyukur ketika melihat Saung Tani ini berdiri dan bisa segera untuk dipergunakan sebagai tempat pertemuan maupun tempat penyuluhan pertanian di Desa Sidasari terutama kepada Gapoktan Restu yang ada di Desa Sidasari ini, " ungk

Sementara itu selaku koordinator PPL Sampang, Saryo mengharapkan setelah di resmikan Saung Tani ini bisa digunakan sebaik-baiknya sebagai tempat untuk berkoordinasi maupun pertemuan antar kelompok tani Desa Sidasari agar nantinya petani didesa ini semakin modern dan maju khususnya hasil pertaniannya. Dia dan Babinsa akan selalu memberikan penyuluhan, petunjuk dan arahan sehingga hasil pertanian meningkat.

" Sesuai dengan namanya, saung ini di jadikan sebagai balai pertemuan kelompok tani desa Sidasari  untuk membahas segala hal terkait kegiatan pertanian mulai dari pembahasan pra tanam seperti pembahasan RDKK Pupuk bersubsidi, pengolahan tanah, musim tanam, panen dan pasca panen," ucapnya.

Ditempat yang sama, Babinsa Sertu Marhadi menambahkan, secara langsung saung ini juga menjadi sarana petani untuk terus belajar bersama guna meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan pertaniannya. Saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengolah sawahnya dan bagi penyuluh pertanian pun juga akan lebih mudah untuk mengumpulkan dan memberikan penyuluhan kepada petani, terutama untuk kegiatan Sekolah Lapang (SL) bagi petani.

" Walaupun saung tani ini sederhana, tetapi ini memiliki manfaat yang besar bagi kelompok tani. Untuk itu, mari kita rawat dengan baik saung ini dan kita gunakan sebagai tempat untuk kemajuan pertanian khususnya di desa Sidasari ini, " pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.