Satlinmas Lumajang Diharapkan Mampu Wujudkan Kamtibmas di Wilayah




Lumajang, tribunusantara.com  - Bati Komsos Koramil 0821/11 Yosowilangun Pelda Sudiyono mengharapkan, agar Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dapat membantu pemerintah, dalam mewujudkan kemanan dan ketertiban wilayah.

"Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, Satlinmas diharapkan mampu memberikan rasa aman, tertib dan nyaman kepada masyarakat," ujar dia saat memberikan materi dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas, yang bertempat di Pendopo Asta Brata Kantor Camat Yosowilangun Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (9/3/2020).

Sudiyono juga menyampaikan, bahwa selain melaksanakan tugas kemiliteran, Babinsa sebagai bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), berkewajiban memberikan pembinaan dan bimbingan kepada Satlinmas di wilayah.

"Satlinmas merupakan komponen bangsa yang harus dibina dan dibimbing, sebagai sebagai pendukung dalam upaya pertahanan negara di darat," katanya.

Sementara itu, Camat Yosowilangun Indriono Krisna Mukti menjelaskan, bahwa Satlinmas merupakan organisasi yang dibentuk Pemerintah Desa/Kelurahan, yang beranggotakan warga masyarakat desa/kelurahan setempat.

Ia juga menjelaskan, bahwa tugas Satlinmas selain ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, juga berkewajiban untuk ikut dalam penanganan bencana serta kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

"Untuk itu, setiap anggota Satlinmas perlu dipersiapkan dengan dibekali wawasan dan keterampilan, agar dapat menunjang pelaksanaan tugasnya di masyarakat," pungkasnya. (Pendim 0821/Phie)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.