Dampingi Pemda, Kodam IX/Udayana Pulangkan PMI ke Masing-Masing Gugus Tugas di Daerahnya



Denpasar - Sebagai salah satu titik debarkasi penerimaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ataupun ABK kapal yang kembali dari mancanegara, maka sesuai kebijakan dari Satgas Nasional melalui Mabes TNI tersebut untuk penanganan pemulangan para PMI/ABK di wilayah Bali ditangani langsung oleh Satgas dari Kodam IX/Udayana.

Hal itu diungkapkan Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., dalam rilis tertulisnya pada Jumat (8/5/2020) terkait dengan pemulangan atau penyerahan 159 orang PMI yang juga merupakan ABK Kapal Pesiar MV. Quantum Of The Seas.

Setelah dilaksanakannya Test Swab dan isolasi di Hotel Grand Inna Kuta, Kapendam mengatakan bahwa seluruh hasil Test Swab tersebut "negatif" dan sesuai arahan dari Kemenkes RI, Para ABK tersebut sudah bisa dipulangkan atau diserahkan ke masing-masing Gugus Tugas Kab/Kota se-Bali.

"Ada 118 orang yang masing-masing berasal dari wilayah Kabupaten se-Bali, seluruhnya akan dijemput oleh masing-masing Gugus Tugas di daerahnya. Sedangkan sisanya yang 41 orang berasal dari Jatim, NTB dan Sulawesi juga akan disiapkan agen penjemput untuk pemulangan ke daerah asalnya tersebut," jelas Kapendam.

Kapendam menambahkan, meski hasil Test Swab sebelumnya dinyatakan negatif, namun sesampainya nanti di daerah asalnya, Para PMI tersebut juga akan kembali dikarantina selama beberapa hari dengan pengawasan ketat dan disiplin oleh Satgas Penanggulangan Covid-19 di wilayahnya masing-masing dalam hal ini dari pihak Kodim dan Polres setempat.

"Hal tersebut dikarenakan sebelumnya terdapat kasus PDP yang menurut hasil Test Swab telah dinyatakan negatif atau sembuh, namun karena orang tersebut tidak disiplin, maka dirinya kembali lagi menjadi positif," tegas Kapendam.

Sesuai dengan arahan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., yang menyebutkan bahwa Provinsi Bali juga ditetapkan sebagai salah satu titik debarkasi selain Jakarta dan Batam, sehingga terkait penanganan Covid-19 Gugus Tugas Nasional masih terus berharap kepada TNI dalam hal ini Kodam IX/Udayana untuk memberikan tugas bantuannya kepada Pemda setempat. (Pendam IX/Udy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.