Kapolresta Hadiri Upacara Penerimaan Pasukan Satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG



Polresta Jayapura Kota - Bertempat di Dermaga Replacement Pelabuhan Laut Jayapura, Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd menghadiri upacara penerimaan pasukan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG. Kamis (16/7).

Upacara tersebut dipimpin oleh Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan, M, Han yang dihadiri oleh As Ops Dan Lantamal X Jayapura Kolonel Laut (P) Budi Darmawan Amran, Komandan KRI Banjarmasin Letkol Laut (P) Sobarudin, Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon, SH.,S.IK., M.Si, As Pers Lanud Silaspapare Letkol ADM. Sulu, Dan Pomdam XVII/Cenderawasih Letkol CPM Doni Agus Priyanto, SH, Dan Yonif Raider 100/PS Mayor Inf. Zia Ulhaq, Dan Yonif Raider 312/KH Letkol Inf. Dedi Aryanto dan Kapolsek KPL Jayapura Iptu Enis M. Romory.

Dalam kesempatan itu Brigjen TNI Izak Pangemanan, M, Han membacakan amanat Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan ucapan selamat datang kepada anggota Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413/Brm di Bumi Cenderawasih.

"Sebagaimana telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2005 tentang TNI Pasal 7 ayat (2) bahwa tugas pokok TNI salah satunya mengamankan wilayah perbatasan, hal tersebut sejalan dengan program prioritas nasional tahun 2020 dengan kegiatan diantaranya penguatan kapasitas kelembagaan pertahanan dan keamanan di wilayah perbatasan dan pulau terluar wilayah perbatasan merupakan beranda depan NKRI yang bersifat strategis, "ucapnya.

Danrem berharap kepada para prajurit Satgas agar memahami tugas pokok dan protap-protap yang berlaku, aplikasikan semua materi latihan pra tugas, selalu waspada dan lakukan patroli keamanan maupun patroli pemeriksaan patok batas serta ciptakan stabilitas keamanan.

" Disamping tugas pokok para prajurit sebagai tugas pengamanan perbatasan RI-PNG, juga membantu pemerintah daerah dalam memberikan pemahaman yang benar tentang adaptasi kehidupan masyarakat baru menuju masyarakat produktif  dan aman kepada masyarakat melalui penerapan protokol kesehatan dan kehidupan sehat sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19 di wilayah papua, "terangnya.

Brigjen TNI Izak Pangemanan berpesan agar kehadiran kalian memberikan kebaikan bagi masyarakat, bangsa dan negara serta taatilah hukum dan HAM, agar terhindar dari segala bentuk pelanggaran, hal lain yang perlu dipahami adalah pelajari karakter, budaya dan kearifan lokal sehingga kalian dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dimanapun bertugas. (*)


Penulis   : Andi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.