Satgas Pamtas Perbaiki Bendungan PLTA, Dusun Jaungran Kembali Teraliri Listrik.


Kapuas Hulu – Terjadinya kebocoran bendungan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Dusun Jaungran, Desa Langau, Kecamatan Puring Kencana, Kabupaten Kapuas Hulu yang selama ini menjadi satu-satunya sumber pembangkit listrik di wilayah tersebut. Mengakibatkan lebih kurang dua bulan lamanya masyarakat terganggu aktivitasnya di malam hari. Bendungan tidak lagi bisa menampung air sehingga tidak ada lagi yang bisa menggerakan turbin untuk menghasilkan listrik.

Prihatin dengan kondisi tersebut, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Indonesia – Malaysia Batalyon Infanteri 320/Badak Putih, dalam hal ini Pos Pamtas Jaung berusaha untuk membantu kesulitan warga Desa Jaungran. Bersinergi dengan Polsek Puring Kencana mereka memperbaiki bendungan PLTA yang bocor.

Dikomandoi oleh Sersan Satu Aris, personel Pos Pamtas Jaung dan Personel Polsek Puring Kencana juga bersama masyarakat Jaungran mereka bergotong-royong untuk memperbaiki bendungan tersebut. Bahu-membahu mereka melakukan pengecoran. Dengan harapan air dapat tertampung lagi di bendungan sehingga dapat memutarkan turbin PLTA sehingga menghasilkan listrik yang saat ini sangat dibutuhkan warga Jaungran. Dari upaya yang dilakukan oleh anggota Satgas Pamtas Yonif 320/BP telah mendorong Pemerintah Daerah untuk turut serta memperbaiki bendungan tersebut.

“Alhamdulillah saat ini, masyarakat sudah bisa menikmati listrik walaupun tidak 1x24 jam,” tutur Sertu Aris.

Dijelaskan juga oleh Sertu Aris bahwa apabila musim hujan datang, maka bendungan akan menerima debit air yang cukup mampu untuk menggerakan turbin, sehingga masyarakat bisa menikmati listrik setiap saat. Akan tetapi pada saat musim kemarau, debit air akan menurun sehingga berpengaruh kepada kemampuan PLTA untuk memasok listrik kepada masyarakat, ujarnya mengakhiri.

Atas inisiatif dari Satgas Pamtas Yonif 320/BP, membantu memperbaiki bendungan kini masyarakat Dusun Jaungran, Desa Langau bisa kembali teraliri lisrik meskipun masih terbatas. Masyarakat sangat berterima kasih atas upaya yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif 320/BP.   (Penerangan)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama