Komisi I DPR RI Sambangi Kodam IX/Udayana



DENPASAR - Komisi I DPR RI dibawah pimpinan Mayjen TNI (Purn) Supiadin Aries Saputra pada hari ini Rabu (12/12) mengunjungi Kodam IX/Udayana, pukul 11.00 wita rombongan tiba di Makodam IX/Udayana disambut oleh Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri, mewakili Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto,S.I.P, di Lobi Makodam IX/Udayana didampingi oleh para pejabat teras Kodam IX/Udayana dan selanjutnya rombongan didaulat memasuki Ruang Erlangga untuk mengikuti acara selanjutnya.

Acara kunjungan kehormatan Komisi I DPR RI ini diawali dengan doa dan dilanjutkan dengan perkenalan para pejabat Kodam yang hadir pada kesempatan tersebut dipandu oleh Kasdam IX/Udayana.

Selanjutnya Kasdam membacakan sambutan Pangdam IX/Udayana yang pada intinya menyampaikan ucapan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran Tim Komisi I DPR RI di Kodam IX/Udayana dan tentunya kunjungan ini merupakan kehormatan bagi warga Kodam IX/Udayana serta berharap dengan kedatangan Tim Komisi I DPR RI kali ini membawa manfaat positif bagi eksistensi Kodam IX/Udayana dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab bidang pertahanan di wilayah Bali dan Nusa Tenggara.

Kemudian disampaikan juga tentang tugas pokok Kodam IX/Udayana baik dalam mengemban fungsi selaku Kotama Bin, melaksanakan penguatan di bidang organisasi, melaksanakan berbagai macam latihan sesuai dengan kepentingan operasi dan hakekat ancaman serta menata gelar satuan sesuai dengan kepentingan pertahanan negara dalam geografi Bali dan Nusa Tenggara, sedangkan dalam fungsi sebagai Kotama Ops Kodam IX/ Udayana selalu menjaga kesiapan kualitas satuan untuk digunakan dalam berbagai operasi baik OMP maupun OMSP serta operasi Perdamaian Dunia.

Terkait dengan Kondisi wilayah Kodam IX/Udayana yang terdiri dari pulau-pulau, dihuni oleh suku bangsa yang berbeda-beda dan adat istiadat yang beraneka ragam, selain itu Kodam IX/Udayana juga mengemban tugas untuk mengamankan wilayah perbatasan negara RI-RDTL dan beberapa pulau terluar ( Pulau Batek dan Ndana Rote)

Sementara dari Ketua Tim Komisi I DPR RI, juga mengawali sambutannya dengan memperkenalkan secara singkat anggota Tim Komisi I yang hadir dalam kunjungan kali ini ke Kodam IX/Udayana.

Komisi I DPR RI selain melaksanakan persidangan disetiap tahun pesidangan, Komisi I juga senantiasa mengadakan kunjungan secara langsung kelapangan dengan tujuan untuk mengetahui secara langsung permasalahan-permasalahan yang ada dilapangan dan untuk kali ini Komisi I DPR RI melaksanakan kunjungan kewilayah Provinsi Bali (Kodam IX/Udayana) dan Bogor.

Komisi I DPR RI ini membidangi Pertahanan, Intelijen, Hubungan Luar Negeri, Komunikasi dan Informasi, Ciber dan Sandi Negara. Terkait dengan kunungan kali ini kami ingin mengetahui kesiapan alutsista TNI dan upaya Kodam IX/Udayana dalam mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia, demikian papar Mayjen TNI (Purn) Supiadin AS.

Kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab antara Tim Komisi I dengan Kodam yang dalam hal ini dijawab oleh Kasdam IX/Udayana dan paparan oleh Asrendam IX/Udayana tentang, tugas pokok, dislokasi dan komposisi satuan, gelar satuan, rencana pembangunan Korem dan permasalahan menonjol lainnya.

Demikian acara kunjungan ini dapat berjalan dengan lancar diakhiri dengan penyerahan cendra mata dan foto bersama. (PendamUdy)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama