Bipang, Jajanan Khas Kota Pasuruan





BIPANG berasal dari Tiongkok. Bi berarti beras, pang berarti wangi, Berarti beras yang wangi. orang biasa menyebutnya sebagai Jipang. Bipang dibuat dari beras yang dipanaskan dengan suhu tinggi sampai mekar, kemudian dicampur dengan gula yang telah dicairkan dan vanili, kemudian dicetak dan dipotong-potong. Sehingga camilan ini akan terasa renyah, manis, dan wangi di lidah.

Bipang Jangkar Pasuruan itu terkenal sejak tahun 1949 di kota Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia. Bukan hanya bipang tapi ada juga berondong jagung. Di pasuruan memang bukan yang tertua tapi mengolah bipang dengan bahan-bahan berkualitas tinggi. Lebih dari setengah abad Perusahaan yang membuat produk Bipang Jangkar ini membuat makanan ringan dari beras dan jagung dengan gula asli, tanpa bahan pengawet, dan halal. Produk mereka aman dikonsumsi dan telah mendapatkan No Depkes PIRT dari Dinas Kesehatan Kota Pasuruan.

Pertama kali menggunakan merk Bipang Jangkar, bipang ini dibungkus menggunakan kertas dan identik dengan rasa vanila. Seiring perkembangan jaman sekitar tahun 1980-an, bipang dikemas dengan kemasan plastik, sehingga bipang lebih tahan lama dan tidak mudah melempem, juga dibuat dengan menggunakan macam-macam rasa seperti buah-buahan. Sehingga sekarang oleh-oleh khas Pasuruan ini tersedia dalam berbagai macam rasa dan kemasan yang bisa dijangkau mulai masyarakat menengah ke bawah sampai menengah ke atas. Kami bangga karena Bipang Jangkar telah menjadi bagian dari makanan khas Pasuruan dan ikut memperkaya kuliner Indonesia.

Bipang Jangkar telah menjadi bagian dari oleh-oleh khas Pasuruan, yang terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. Bisa Pecinta dapatkan bipang dan camilan khas Jawa Timur di:
Toko Bipang Jangkar Jl Lombok 37-41Pasuruan 67132

SUMBER : https://www.google.co.id/search?q=jipang+pasuruan&safe=strict&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwjoi-TRv57eAhUTfSsKHY8SDL0Q_AUIDigB&biw=1366&bih=657#imgrc=oLn00XhpGV40XM:



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama