SULTAN ISKANDAR MUDA OPEN BASE 2019 DIBANJIRI MASYARAKAT



Menyambut HUT TNI Angkatan Udara Ke-73, Pangkalan TNI AU Sultan Iskandar Muda dibuka secara umum untuk dikunjungi masyarakat yang dikemas dalam kegiatan “Sultan Iskandar Muda Open Base 2019”. Sabtu (2/3). Meskipun acara dimulai pukul 09.00 WIB, namun sejak pagi masyarakat sudah berdatangan dan membanjiri Lanud Sultan Iskandar Muda dengan berbagai kendaraan, baik sipil maupun umum.

Menurut salah satu pengunjung, pemerintah Aceh memberikan kemudahan dalam tranportasi dimana sebelum menuju Lambaro, Trans Kutaradja terlebih dahulu memutar di depan pintu utama Lanud Sultan Iskandar Muda. “Kami sangat terbantu atas kemudahan ini, apalagi yang dari kota menuju Blang Bintang ini, terima kasih kami sangat terbantu,” ujar salah satu pengunjung.

Tepat pukul 09.00 WIB, Sultan Iskandar Muda Open Base 2019 dibuka dengan suara gemuruh pesawat tempur F-16 Fighting Falcon Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin yang melintas di atas pengunjung sebelum kembali ke home base di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Tepuk tangan meriahkan suasana dan tidak jarang masyarakat mengangkat handphone-nya untuk mengabadikan momen terbaik saat melintasnya alutsista TNI Angkatan Udara didepannya. Tidak lama berselang, giliran Helikopter SA-330 Puma Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja yang ujung gigi berkolaborasi dengan Kipan C Yonko 469 Paskhas melakukan demonstrasi search and rescue (SAR) yang diskenariokan terdapat salah satu personel Lanud Sultan Iskandar Muda yang mengalami luka akibat pertempuran, kemudian setelah menerima laporan dan perintah pimpinan, tim evakuasi menjemput korban.

Semua pengunjung, terdiam menyaksikan satu persatu prajurit Paskhas turut dengan seutas tali kemudian mengamankan lokasi, memberikan pertolongan pertama selanjutnya mengggunakan tandu darurat memindahkan korban ke daerah yang lebih aman sambil menunggu waktu penjemputan dan korban berhasil dievakuasi. Berakhirnya demonstrasi tersebut, berbarengan dengan tepuk tangan dan sorak sorai masyarakat yang memenuhi apron Lanud Sultan Iskandar Muda.  (Dispenau)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama