Kunjungan Tim Pengawasan Dan Evaluasi Program Bakti TNI



Sidoarjo,TribunusAntara.com— Kepala Staf bersama Para Danramil dan Perwira Staf Jajaran Kodim 0816/Sidoarjo menerima kunjungan Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Program Bakti TNI semester I Tahun 2019 dari Staf Teritorial Angkatan Darat (Sterad) yang dipimpin Paban V/Bakti TNI Sterad An. Kolonel Inf Yudianto Putera Jaya, SE. MM didampingi Kaur Opsbak Spaban V/Bakti TNI Sterad An. Kapten Arh Andi Akbar di wilayah Kodim 0816/Sidoarjo.

Kunjungan pada Senin (22/4) siang itu, Kasdim 0816/Sidoarjo Mayor Inf Alisun menyampaikan dan memaparkan situasi terkini kegiatan Kodim 0816/Sidoarjo serta meminta kepada seluruh Perwira Staf dan Danramil jajarannya mengikuti penjelasan yang diberikan oleh Tim Wasev dari Sterad adalah menilai, meninjau dan ceklis terhadap satuan Kodim 0816/Sidoarjo, apabila ada penemuan yang kurang sesuai bisa kita perbaiki sesuai dengan petunjuk Komando atas.

Dalam paparan yang disampaikan oleh Kasdim 0816/Sidoarjo menjelaskan tentang Program Bakti TNI Semester- I TA. 2019 meliputi kegiatan operasi bakti, Karya Bakti dan Kegiatan Non Program Untuk Membantu Masyarakat di wilayah.

Kodim 0816/Sidoarjo pada semester I 2019 nantinya akan membangun 335 Unit Jambanisasi disertai ceramah tentang hidup sehat, Kegiatan Non Program telah dilaksanakan bersih lingkungan dan normalisasi sungai sehingga pada saat musim hujan tiba dapat mengurangi banjir, Kegiatan lain tempat pembangunan mushola di Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo.

Inovasi dari Kodim 0816/Sidoarjo untuk membantu masyarakat dalam hal pemberantasan nyamuk melalui pembuatan penyemprotan Fogging yang setiap Koramil telah melaksanakan penyemprotan nyamuk.

Selain itu juga diadakan kegiatan KB Kesehatan dilaksanakan sebagai bentuk sinergitas dengan BKKBN daerah untuk menekan jumlah kelahiran diwilayah, Ditahun 2019 Kodim 0816 Sidoarjo pada Oktober akan melaksanakan TMMD di daerah Desa Kupang Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo.

Berupa Sasaran Fisik yang meliputi Sasaran pokok antara lain peningkatan jalan Beton Ds. Kupang-Kedungrejo 212 M, Peningkatan Jalan Beton dan Jembatan Ds. Kupang-Dukuhsari dan Kupang-Kedungpandan Volume 689 M, Pemasangan PJU 30 Titik, Plengsengan Afvoer Golondoro Volume 130 M² dan Pembangunan Jalan Paving 1200 M². Selain itu ada beberapa Sasaran tambahan antara lain Pembanguan RTLH sebanyak 10 unit dan Pembangunan jamban sehat sebanyak 20 unit.

Selain sasaran Fisik, TMMD di Wilayah Kodim 0816/Sidoarjo juga mengembangkan Sasaran Non Fisik yang berkaitan dengan masyarakat sekitar lokasi TMMD misalnya Pelatihan Pengolah Sampah, Bantuan Mesin Pencacah Sampah sebanyak 1 Unit, Bantuan Motor Pengangkut Sampah sebanyak 1 Unit, Bantuan Power Splaye sebanyak 15 Unit, Bantuan Hand Traktor Roda 2 Rotari sebanyak 2 Unit, Bantuan Bibit Klengkeng 200 Batang, Bantuan Bibit mangga 300 Batang, Sosialisasi jemput bola akte kelahiran, Penyuluhan Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil, Penyuluhunan Kesehatan Lansia, Screnning Katarak, Posyandu Kesehatan, Kampanye Hidup sehat (Bahaya HIV Bagi Generasi Muda), Skrening Kesehatan Jiwa, Senam Olah Raga Bersama, Bantuan Peralatan Olah Raga, Sosialisasi Perda No 10 Tahun 2013 tentang Kamtibmas, Sosialisasi TMMD, Bela Negara dan Wasbang serta tertib hukum, Pelatihan pengolahan Ikan dan Pelatihan cara budidaya ikan.

Sementara itu, Ketua Tim Wasev Sterad Kolonel Inf Yudianto Putera Jaya, SE. MM menyampaikan Kedatangan Tim ke lapangan untuk melihat secara langsung kondisi nyata di wilayah Kodim 0816 Sidoarjo. Dengan adanya kegiatan wasev ini bertujuan untuk mengawasi dan melaksanakan evaluasi kegiatan Bhakti TNI dari jajaran Kodim 0816/Sidoarjo dan Tim sudah membawa data yang perlu dilengkapi dan diperbaiki atas rencana untuk kegiatan TMMD yang akan diadakan di Desa Kupang Kecamatan Jabon.

Sebagai bahan evaluasi untuk peningkatan Program Bakti TNI. Teritorial sebagai fungsi utama TNI AD dan Kodim sebagai Satuan Jajaran harus mampu melaksanakan kreatifitas dalam menciptakan program yang dapat menyentuh masyarakat. Kodim dan jajaran harus bisa berbuat yang terbaik untuk masyarakat melalui Program bakti TNI ( Tatak Wiyono )

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama