Safari Ramadhan, Pangdam XII/Tpr Ajak Pererat Tali Silaturahmi dan Komunikasi



Sintang,  tribunusantara.com - Senin (13/5/19) - Panglima Komando Daerah XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab didampingi para pejabat teras Kodam XII/Tpr serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura, melaksanakan Tatap Muka dan Buka Puasa Bersama dengan Forkopimda Kabupaten Sintang dan Melawi, Prajurit, PNS serta Persit di wilayah Garnizun Sintang bertempat di Aula Prajurit Makorem 121/Abw, Jalan Pangeran Kuning Nomor 1 Kota Sintang.

Adapun tema dalam acara,"Melalui Puasa Ramadhan, Nuzulul Quran dan Idul Fitri 1440 H/2019 M, kita tingkatkan Iman dan taqwa Prajurit dan PNS TNI AD dalam rangka Mendukung Tugas Pokok TNI AD".

Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab dalam sambutannya merasa bangga dapat bertatap muka dan buka puasa bersama dengan keluarga besar Korem 121/Abw dan unsur Forkopimda serta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sintang dan Melawi.

Pangdam XII/Tpr berharap melalui
acara Safari Ramadhan, dapat menjadi wahana untuk mempererat tali silaturahmi dan membangun komunikasi bagi semuanya, dengan terjalinnya hubungan yang harmonis akan memperkokoh sendi-sendi hubungan kekeluargaan, dan sinergitas yang baik semua elemen masyarakat dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah ini

Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab menyampaikan bulan ramadhan adalah karunia Tuhan Yang Maha Esa yang tiada ternilai, karena di bulan ini banyak keutamaan dan juga kemuliaan. Bulan yang istimewa ini segala amal ibadah akan dilipat gandakan pahalanya dan setiap insan diberi kesempatan untuk kembali menjadi suci dan bersih dari segala dosa. Oleh karena itu, bagi yang menjalankan puasa Ramadhan agar melaksanakan ibadah puasa dengan penuh keikhlasan semata-mata hanya untuk mencari ridho Allah Subhanahu Wataala.

Ada 2 dimensi dalam puasa Ramadhan, yang pertama yaitu Hablu Minallah hubungan manusia kepada Tuhan diwujudkan dalam ibadah puasa wajib bagi kaum muslimin, juga untuk melatih pengendalian diri, menanamkan sifat jujur, disiplin, dan yang kedua Hablu Minanas hubungan manusia dengan manusia diwujudkan dengan saling berbagi dengan sesama, terutama kepada anak yatim dan fakir miskin, yang diwujudkan dalam kegiatan Sedekah dan Zakat, ujar Pangdam XII/Tpr.

Selain itu, Puasa harus mampu kita jadikan sebagai momentum untuk introspeksi dan evaluasi diri, guna melakukan perubahan menuju kondisi yang lebih baik. Semoga dengan melatih kesabaran dan pengendalian diri yang kita lakukan selama ibadah puasa Ramadhan ini, menjadikan kita sebagai insan yang semakin santun , toleran, dan selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan bangsa dalam Bingkai NKRI.

Senada dengan dikatakan Pangdam XII/Tpr, Ustadz Hedi, LC., juga menyampaikan pentingnya meningkatkan hubungan manusia dengan manusia serta hubungan manusia dengan Tuhan

“Dalam Al-Qur’an sudah ada tercantum, yang artinya, jika kamu tidak mau terhina maka lakukanlah dua hal, yaitu perbaiki hubungan dengan Tuhan, dan kedua perbaiki hubungan kamu dengan manusia,” tukasnya.

Sebagai bentuk peduli dan berbagi, dalam kesempatan tersebut Pangdam XII/Tpr juga memberikan santunan kepada anak-anak yatim dari panti asuhan Insan Jemelak dan Aisyah Kab. Sintang.

Untuk diketahui, sebelum melaksanakan acara tatap muka dan buka puasa bersama, sore hari tadi usai acara penyambutan Pangdam XII/Tpr didampingi para Perwira Kodam XII/Tpr, Perwira Korem 121/Abw dan Ketua Persit KCK PD XII/Tpr juga berkesempatan untuk melaksanakan penanaman pohon belian di komplek Makorem 121/Abw. (Pendam XII/Tpr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama