Unit Reaksi Cepat Laut KN Tanjung Datu 301 Latihan VBSS




Aceh Besar,  tribunusantara.com - Dalam rangka operasi keamanan dan keselamatan laut luar negeri Bakamla - India Coast Guard, ABK kapal yang tergabung dalam Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) KN Tanjung Datu 301 melaksanakan latihan VBSS (Visit Board Search and Seizure).

Latihan VBSS dilaksanakan di atas heli deck kapal yang sedang lego jangkar di Teluk Kruengraya, Sabtu (11/5/2019).

Latihan yang dipimpin Palaksa KN Tanjung Datu 301 Mayor Bakamla Perdin Saragih, diikuti enam personel URCL yang sudah terlatih dalam menembak, menyelam maupun bela diri.

Mereka pun sudah mengikuti pendidikan Latsarmil di Markas Yonif 10 Mar/Satria Bhumi Yudha Batam.

Latihan dilaksanakan sebagai bentuk penyegaran kemampuan personel URCL KN Tanjung Datu 301 dalam melaksanakan pemeriksaan kapal sesuai prosedur, kemampuan dalam perebutan kapal perompak dan kemampuan dalam pembebasan sandera.

Tim URCL juga dibekali pemantapan materi pelatihan meliputi, mission planning (penyusunan rencana), climb (memanjat tangga di atas geladak kapal), dan ship movement (latihan bergerak di atas geladak kapal).

Selain itu, dilaksanakan latihan peran parade. Yaitu bagaimana memberikan penghormatan atau salam kepada India Coast Guard yang nantinya menyambut kedatangan KN Tanjung Datu di Port Blair India.

Latihan untuk memelihara, meningkatkan dan menguji kemampuan perorangan ABK KN Tanjung Datu 301 dalam mencapai kemampuan standar pelaut.

Bertindak sebagai komandan kapal KN Tanjung Datu 301 adalah Kolonel Bakamla Capt. Nyoto Saptono.

Humas Bakamla/beny adrian





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama