Header Ads

Bencana Di Sukabumi 144 Warga Menempati Tenda-Tenda Pengungsian



Sukabumi Jawa Barat - Tribunus-antara.com Bencana yang terjadi jumat (26/4/2019 ) di Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung  Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, sampai saat ini masih belum ada perbaikan.

Total 144 jiwa berdomisili di Kampung Gunung Batu, RT 1 RW 22, dan RT 3/ RW 9, Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, masih mengungsi waspada terjadi pergerakan tanah susulan di wilayahnya.

Sekda Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri menyebut Pemkab Sukabumi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah membuat tenda-tenda pengungsian dan dapur umum.

"Ada sebanyak 144 jiwa mengungsi, Kami sudah menyiapkan tenda pengungsian. Sebagian warga mengungsi ke kantor desa dan tetangganya. Kami siapkan dapur umum serta WC dan pos layanan kesehatan, serta penyediaan air bersih," ujar Iyos selaku kepala BPBD Kabupaten Sukabumi.

Sampai saat ini warga masih waspada untuk meninggalkan rumah apabila terjadi hujan pada sore menjelang malam. " kalau malam warga berada di pengungsian, sementara siang mereka beraktivitas seperti biasa Himbauan tetap kita berikan untuk waspada melihat situasi ketika hujan turun," ujar Iyos.

Sebagian warga masih menempati tenda pengungsian yang berjarak sekitar satu kilometer. "Tenda yang sudah berdiri ada tiga unit dan Dapur umum yang sudah tersedia, ujar Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman.

Status lokasi, menurut Eka Widiaman selaku Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi serta Badan Giologi kawasan menjelaskan, hasil kajian BMKG dan Badan Geologi kawasan tersebut memang masuk ke zona merah.

"Masuk zona merah, kemungkinan akan dilakukan relokasi. Hanya saja warga berharap lokasinya nanti tidak terlalu jauh ," ujar Eka.( Tt )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.