Anggota Saka Wira Kartika Berhasil Kibarkan Merah Putih di Puncak Halau-Halau



Barabai Kalsel. Anggota SWK (Saka Wira Kartika) Pangkalan Kodim 1002/Barabai berhasil mengibarkan bendera Merah Putih di puncak Halau-Halau 1.901 MDPL yang merupakan gunung tertinggi di Kalimantan Selatan, pada Jum’at (12/7).

Gunung Besar atau Gunung Bantai (Besar=Bantai, bahasa setempat), atau masyarakat Dayak Meratus lebih sering menyebutnya dengan sebutan Gunung Halau-Halau ini terletak di Kampung Kiyu, Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten  Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Dan Secara geografis lokasinya mencakup tiga perbatasan kabupaten sekaligus, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Tanah Bumbu. Namun jika sedikit ke arah Tenggara sudah masuk wilayah Kabupaten Kotabaru.

Tim ekspedisi pendakian Saka Wira Kartika Pangkalan Kodim 1002/Barabai dipimpin oleh Murjani Rahman (Jani Barabai) beranggotakan 10 orang terdiri dari 8 putra dan 2 putri berangkat dari Makodim Barabai di jalan Telaga Padawangan Kelurahan Barabai Timur Kecamatan Barabai Kabupaten HST, dilepas oleh salah satu Pamong Saka Wira Kartika Peltu Henri Murpianto.

Dengan menggunakan kendaraan roda dua tim berangkat menuju titik start pendakian di desa Kiyu yang berjarak ±30 KM dari pusat Kota Barabai, sesampainya di desa Kiyu Tim melaksanakn istrirahat sekaligus minta ijin pendakian kepada kepala desa Kiyu.

Dijelaskan oleh Ketua Tim ekspedisi SWK pangkalan Kodim 1002/Barabai Murjani Rahman bahwa selama pendakian ke puncak Halau Halau ditempuh dalam waktu dua hari
Dihari pertama Tim melakukan pendakian dimulai pada hari Rabu 10 Juli 2019 sekitar pukul 08.00 Wita menuju pos II di sungai Karuh dan tiba sekitar pukul 17.00 wita untuk  beristirahat/bermalam, keesokan Kamis 11 Juli 2019 pukul 10.00 Wita tim melanjutkan pendakian menuju Pos III di Jumantir untuk makan siang.

Sekitar pukul 14.00 Wita Tim melanjutkan pendakian menuju Pos IV di Penyaungan dan tiba sekitar pukul 20.00 wita dilanjutkan untuk istirahat/bermalam. Jum’at  12 Juli 2019 pagi sekitar pukul 04.30 wita tim melanjutkan pendakian menuju puncak Halau-Halau. Setelah melewati medan yang berat dimana tim harus melawati jalan setapak yang terjal dan licin karena jalan setapak banyak sekali ditumbuhi lumut  belum lagi hewan lintah darat atau masyarakat setempat menyebutnya Hamilatak yang selalu siap menghisap darah para pendaki, akhirnya tepat pukul 06.00 wita Tim Eskpedisi Saka Wira Kartika berhasil mengibarkan bendera merah putih di puncak halau halau.

Setelah menikamati keindahan puncak Halau-Halau sekitar pukul 11.00 wita Tim melaksanakan pengunduran untuk kembali ke Pos IV di Penyaungan dilanjutkan packing serta persiapan turun gunung.
Sekitar pukul 15.00 wita tim turun gunung menuju Pos III Jumantir untuk istirahat dan bermalam.
Sabtu 13 Juli 2019 pukul 08.00 wita tim turun gunung dan sampai di desa Kiyu sekitar pukul 15.00 wita, setelah melaksanakan istirahat dan pembersihan tim melanjutkan perjalan ke makodim 1002/Barabai menggunakan kendaraan roda dua sekitar 18.00 wita dan tiba sekitar pukul 20.05 wita dengan aman dan lengkap.terang Murjani.(pendim1002).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.