Header Ads

Kodim Barabai Dukung dan Siap Sukseskan Serasi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah



Barabai Kalsel. tribunusantara.com -  Sosialisasi Kegiatan  Survey Investigasi Design (SID) Serasi Kab. HST tahun 2019 dilaksnakan Aula Distan Kab. HST Jalan Perintis Kemerdekaan desa Benawa Tengah Barabai,pada Rabu (3/7).

Kegiatan Sosialisasi Kegiatan  Survey Investigasi Design (SID)  dihadiri oleh Kadis Tanaman Pangan & Hortikultura Prov. Kalsel Ir Syamsir Rahman, Plt Distan HST Ir H. Misradi, Dandim 1002/Barabai yang diwakili oleh Pasi Ter Kapten Inf Abdi, para Danramil jajaran Kodim 1002/Barabai yang wilayahnya terdapat program Serasi, Para Pembakal, PPL dan Gapoktan wilayah Kec. Batara, Kec. LAU, Kec. Pandawan dan Kec. Haruyan serta  Konsultan Serasi Prov. Kalsel.

Dandim 1002/Barabai Letkol Inf Nur Rohman Zein.S.E.,M.M melalui Pasiterdim 1002/Barabai Kapten Inf Abdi Hermianto menyampaikan permohonan maaf tidak dapat hadir karena ada kegiatan lain,ujarnya.

Lebih lanjut Abdi menyampaikan bahwa untuk mewujudkan Program serasi Kementrian Pertanian  RI telah menggandeng TNI AD dalam pendampingan program Serasi Tahun 2019, Peran dan fungsi TNI AD dalam program Serasi sangat penting, Peran Babinsa dilapangan adalah mengkoordinasikan kegiatan Serasi dengan pendampingan kepada para petani, membantu pelaksanaan Sosialisasi  Survey Investigasi Design (SID) dalam sosialisasi kegiatan dan pendampingan dalam proses survey lapangan, TNI AD juga mendampingi dalam proses pengerjaan fisik di lapangan serta membantu menyampaikan laporan perkembangan kegiatan kepada  Koordinator yang sudah  ditetapkan Sterad, membantu memastikan spesifikasi pekerjaan telah terlaksana sesuai dengan rencana, jelas Abdi.

Sedangkan Plt Kepala Dinas pertanian Kab. HST Ir H. Misradi menyampaikan bahwa tujuan dan sasaran program Serasi di Hulu Sungai Tengah untuk meningkatkan indeks pertanian atau meningkatkan produktifitas dan meningkatkan partisipasi P3A/GP3A/Poktan/Gapoktan dalam pengelolaan lahan rawa.
Untuk sasaran Serasi di Hulu Sungai Tengah seluas 2000 Hektare yang tersebar di empat kecamatan yaitu  Kec. Pandawan 1200 Ha, Kec. Labuan Amas Utara  500 Ha, Kec. Haruyan 200 Ha dan Kec. Batang alai Utara 100 Ha.
Distan HST mendukung kegiatan Serasi dengan jenis kegiatan diantaranya Survey Investigasi Design sederhana, Rehabililitasi jaringan irigasi dan lahan,  Bantuan Alsintan, Bantuan Saprodi, Integrasi Budidaya, Pengembangan usaha dan Melibatkan petani millenial,tutur Misradi.

Kadis Tanaman Pangan & Hortikultura Prov. Kalsel Ir Syamsir Rahman menambahkan bahwa Program Serasi ini merupakan program Pemerintah Pusat, Lahan Serasi untuk wilayah Kalsel yang semula total 240.000 Ha. Tinggal 120.000 Ha. Karena  120.000 Ha tidak memenuhi syarat.
Lebih lanjut masih menurut Syamsir, Pemerintah pusat akan memberikan bantuan berupa Excavator dan hand traktor dalam pelaksanaan Serasi, dalam rangka memanfaatkan lahan rawa yang ada guna menunjang Program pemerintah yaitu sebagai  Lumbung Pangan,pungkasnya.(pendim1002).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.