Melawan Saat Ditangkap, Polisi Berikan Tindakan Tegas Komplotan Pencuri



Karangasem, Bali - Tim gabungan Polda Bali, Polres Karangasem dan Polsek Abang berhasil menangkap buronan pencurian dengan pemberatan di jalan raya Amlapura - Singaraja tepatnya sebelum kantor Polsek Abang atau dekat kuburan (setra) Desa Adat Abang, Karangasem, Senin (8/7) dini hari sekitar pukul 00.30 Wita.

Satu orang pelaku yaitu I Putu Juniawan (31) alias Mendig asal Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng berhasil ditangkap. Sementara tiga orang lainnya, yaitu Suryana, Periodik, Indra masih dalam pengejaran aparat kepolisian.

Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Hengky Widjaja, S.I.K., M.Si. mengatakan, komplotan ini sudah banyak melakukan aksi kejahatan di wilayah Bali. Untuk memudahkan pengembangan, kasus ini sudah ditangani penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Bali.

“Kasus ini sudah diambil alih Ditreskrimum Polda Bali. Mobil yang dibawa pelaku sudah diamankan di Polda Bali dan satu orang pelaku saat ini sedang dirawat di RS Bhayangkara Denpasar,” kata Kombes Pol. Hengky Widjaja, S.I.K., M.Si.

Kabid Humas menjelaskan bahwa kasus ini terungkap berawal adanya laporan masyarakat Pupuan yang mengaku kehilangan sepeda motor dan sejumlah uang tunai. Kemudian Tim Opsnal Ditreskrimum Polda Bali melakukan penyelidikan dan membuntuti pergerakan keempat pelaku yang saat itu mengarah ke Karangasem lalu menuju ke Singaraja.

Atas situasi tersebut, anggota yang membuntuti para pelaku berkoordinasi dengan Buser Satreskrim Polres Karangasem untuk menghentikan laju kendaraan. Karena melewati daerah Abang, upaya pencegatan dilakukan oleh personel Polsek Abang dengan melaksanakan razia kendaraan di TKP.

“Saat pelaku mengetahui adanya operasi, mereka berusaha kabur dan menabrak mobil patroli polisi dan motor anggota kepolisian saat memutar balik kendaraan. Bahkan saat itu pelaku sangat membahayakan, karena ingin menabrak polisi. Melihat kondisi tersebut, polisi memberikan tindakan tegas untuk melumpuhkan pelaku,” terang Kabid Humas.

Satu orang pelaku berhasil tertembak di lengan kanan dan dilarikan ke RSUD Karangasem. Sementara tiga lainnya berhasil kabur. Masih dalam proses pencarian pelaku, tiba-tiba dua orang warga Abang melapor mengaku telah kehilangan sepeda motor, yaitu sepeda motor Vespa warna putih DK 8878 QG dan sepeda motor Honda Beat warna putih DK 4418 TF.

Selanjutnya personel Polsek Abang berkoordinasi anggota Polsek Kubu agar menghentikan para pelaku yang kabur menggunakan sepeda motor sesuai dengan ciri-ciri yang disampaikan korban. Sejumlah polisi sudah menunggu kedatangan pelaku di depan Polsek Kubu. Sebelum sampai Polsek Kubu, tiba-tiba pelaku berbalik arah lalu meninggalkan sepeda motor vespa yang dicurinya lalu lari ke arah kegelapan ke sungai dan kebun-kebun masyarakat.

“Personel Polsek Kubu dibantu warga bersama-sama melakukan pencarian namun para pelaku sampai saat ini belum ditemukan. Bagi masyarakat yang mengetahui atau menemukan keberadaan para pelaku agar segera melaporkan ke kantor polisi terdekat atau menghubungi petugas Bhabinkamtibmas,” imbau mantan Kasat Reskrim Polres Gianyar ini.  (humas)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama