Peduli Kemanusiaan, Satgas Yonif R 301 Lintasi Medan Terjal Evakuasi Penderita Stroke




Sintang, Kalbar - Walau melintasi medan yang terjal dengan dilandasi rasa kemanusiaan, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 301/PKS, mengevakuasi Idris (64) penderita stroke ke Puskesmas.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 301/PKS Letkol Inf Andi Hasbulah dalam rilis tertulisnya di Sintang, Kalimantan Barat (Kalbar), Minggu (7/7/2019).

Andi Hasbulah mengatakan, proses evakuasi tersebut bermula laporan dari Lubis (60) yang merupakan saudara dari Idris datang ke Pos untuk meminta bantuan kepada anggota kesehatan Pos Sei Kelik, Pratu Alan untuk diberi pengobatan lantaran penyakit strokenya kambuh.

"Pratu Alan melaporkan kepada Danpos Sei Kelik, Letda Arm Tri Ardian untuk melakukan pemeriksaan terhadap Bapak Idris, setelah selesai diperiksa dan dinyatakan bahwa yang bersangkutan harus segera dievakuasi ke Puskesmas terdekat," ujarnya.

Empat orang anggota Pos Sei Kelik, tambah Andi Hasbullah, dipimpin Letda Arm Tri Ardian berangkat menuju rumah Idris untuk membantu membuat tandu yang akan digunakan untuk membawa Idris turun ke Desa Sei Kelik dengan waktu tempuh empat jam perjalanan darat.

"Dengan melewati medan yang sangat terjal serta harus menyeberangi sungai Ketungau untuk sampai di tujuan. Evakuasi ini juga dibantu oleh warga sekitar," ungkapnya.

"Setelah sampai tujuan di Desa Sei Kelik, bapak. Idris dibawa menuju Puskesmas Senaning untuk mendapatkan penangan lebih lanjut," tutur Andi Hasbullah.

Andi Hasbulah menuturkan, apa yang dilakukan personelnya merupakan perwujudan dari 8 wajib TNI yaitu menjadi contoh dan mempelopori usaha usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya dan bentuk kepedulian terhadap kemanusiaan.

"Semoga bapak Idris diberi kesembuhan, sehingga bisa melakukan aktivitas seperti sedia kala," pungkasnya

Sementara itu, Lubis (60) sebagai perwakilan dari keluarga Idris menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota Pos Sei Kelik Yonif R 301/PKS.

"Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan bapak-bapak TNI, keberadaan TNI di sini sangat membantu kami," ucapnya.  (pen)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama