Serma Mustadi Berikan Materi Wasbang Kepada Siswa-siswi SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten



Cilacap, Jateng - Setelah resmi di buka oleh Kepala sekolah SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten, Serma Mustadi berikan materi pentingnya wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada peserta LDDK bertempat di Aula SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten, Senin (22/07/2019).

Selain peserta LDDK, penyampaian materi pentingnya Wasbang juga di ikuti oleh seluruh siswa-siswi SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten.

Dalam penyampaian materinya Serma Mustadi menjelaskan bahwa Wawasan kebangsaan merupakan cara pandangan terhadap sifat
Kebangsaan Indonesia yang merupakan persatuan yang terdiri dari suku, ras dan agama, rasa senasib sepenanggungan agar terwujud persatuan serta kesatuan bangsa yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Wasbang mempunyai arti penting guna meningkatkan rasa kebangsaan, meningkatkan paham kebangsaan dan meningkatkan semangat kebangsaan sehingga mewujudkan jati diri sebagai kepribadian bangsa sekaligus wadah untuk menjaga keutuhan bangsa.

Wawasan kebangsaan bisa kita tanamkan melalui sistem pendidikan Formal (di sekolah) seperti saat ini, maupun non formal (masyarakat) dan juga bisa melalui pembekalan sebagai persyaratan tertentu seperti Diklat dan lainnya, "jelasnya.

Selain itu Wasbang juga bisa di tanamkan melalui keteladanan dengan cara hidup rukun berdampingan, kegiatan bersama antar suku dan agama, mencintai dan menggunakan produk dalam negeri serta pembauran agar terwujud rasa cinta tanah air.

"Agar terwujud NKRI yang terjaga dengan baik, Wasbang harus melekat dalam sanubari setiap WNI sehingga kita mempunyai kekebalan dalam menghadapi setiap ancaman dan gangguan yang akan memecah belah NKRI", jelas Serma Mustadi dalam kesimpulannya.  (Orip)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama