Header Ads

Danramil 01/Cilacap Menghadiri Rapat Paripurna DPRD kabupaten Cilacap




Cilacap, Jateng, tribunusantara.com  - Komandan Kodim 0703/Cilacap dalam hal ini diwakili Danramil 01/Cilacap Kapten Kav Nur Shohib Ansori menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Cilacap di Ruang Rapat  Paripurna DPRD Lantai II Jl. Jenderal Sudirman, Cilacap, Selasa (13/8).

Kegiatan tersebut merupakan rapat ke 20 Masa Sidang II Tahun 2019 dengan agenda Pengucapan Sumpah dan Janji Anggota DPRD Kabupaten Cilacap Masa Keanggotaan 2019-2024. Kegiatan ini dihadiri Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Aulia Rachman, S.STP, M.Si beserta unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap.

Hadir pula Setda Kabupaten Cilacap Drs. Farid Maaruf, M.M., Ketua KPU Cilacap Handi Tri Ujiono, S.Sos., Ketua Bawaslu Bahtiar Hastiarto S.H., M.H., Ketua FKUB KH. Ahmed Shoim El Amin, Lc., M.H, Ketua MUI Kabupaten Cilacap Drs. KH. Nasruloh Mukson, MH, Para Ketua Partai Politik Kabupaten Cilacap dan anggota DPRD Cilacap terlantik.

Rapat dibuka oleh H. Taswan S.Sos selaku Ketua DPRD Cilacap, dilanjutkan pembacaan nama-nama anggota dewan terlantik berdasarkan SK Gubernur Jateng No.170/41 Tahun 2019 tanggal 12 Agustus 2019 tentang Peresmian Pemberhentian dan Peresemian Pengangkatan anggota DPRD Kabupaten Cilacap oleh Sekretaris DPRD Sumaryo S. Sos, MM serta pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD Kabupaten Cilacap masa keanggotaan 2019-2024 dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Jon Effredi, SH.MH dilanjutkam penandatanganan berita acara.

Pada rapat tersebut juga dibacakan pengumuman pimpinan sementara yaitu Ketua H. Taufik Nurhidayat dari PDI Perjuangan dan Wakil Ketua  H. Helmi Busthomi, SH, MM dari Golkar dan selanjutnya penyerahan palu sidang.

Gubernur Jawa Tengah dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Cilacap mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPRD yang telah dilantik pada hari ini. Dia berpesan agar jalankan amanah ini dengan kerja keras, penuh dedikasi dan tanggung jawab dan junjung tinggi integritas.

" Jaga sumpah janji yang tadi telah diucapkan, segera pahami wewenang, tugas pokok dan fungsi sebagai wakil rakyat, Untuk masa jabatan kedua, kiranya dapat langsung gaspol menjalankan semua tugas amanah rakyat ini," Pesan Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan bahwa saat ini pembangunan Jawa Tengah terus bergerak ke arah yang semakin baik, hal ini ditandai dengan angka pertumbuhan ekonomi yang terus bergerak ke arah positif. Perekonomian Jawa Tengah berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku tahun 2018 mencapai 1 juta 268 ribu 700,97 miliar dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai 941 ribu 283,28 miliar.

Ekonomi Jawa Tengah tahun 2018 tumbuh 5,32 persen, menguat dibandingkan tahun 2017, yakni 5,26 persen. Meski begitu, penduduk miskin Jawa Tengah berada pada urutan ke-2 terbanyak se-Indonesia sebanyak 3 juta 867 ribu 420 jiwa. Persentase penduduk miskin di Jawa Tengah dari tahun ke tahun terus bergerak ke arah yang positif. Persentase penduduk miskin pada September 2018 sebesar 11,9 persen, turun 0,13 persen poin dibanding bulan Maret 2018.

Gubernur berjanji bahwa pembangunan akan terus dilakukan oleh Pemprov Jateng dan diantaranya telah menyiapkan 10 Program Unggulan, yaitu Sekolah Tanpa Sekat, peningkatan peran rumah ibadah, fasilitasi pendakwah dan guru pendidik agama, reformasi birokrasi di Kabupaten/Kota yang dinamis berbasis teknologi informasi dan sistem layanan terintegrasi, satgas kemiskinan dan lainnya. Gubernur berharap lembaga legislatif Kabupaten, untuk mendukung program ini, melalui berbagai rumusan kebijakan daerah.

" Saya juga titip, untuk membuat program yang ramah investasi dan pengembangan pariwisata. Kedua sektor tersebut jika digarap dengan baik, akan signifikan mengurangi angka kemiskinan Jawa Tengah," kata Gubernur Ganjar Pranowo.

Terakhir, saya ingin Bapak Ibu sekalian untuk menjunjung tinggi asas kepastian hukum, tertib penyelenggaraan negara, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi, efektivitas dan keadilan.Jaga marwah wakil rakyat, rawat integritas,lakukan inovasi, edukasi politik yang menghadirkan kedamaian, kerukunan dan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an," Pungkasnya.

Diakhir acara selanjutnya pembacaan doa oleh Kepala Kementrian Agama Kaupaten Cilacap Imam Thobroni, S.Ag, MM dan juga pemberian ucapan selamat kepada anggotavterlantik dan ramah tamah.

Oma

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.