Header Ads

Ramah Tamah Dengan Pejuang Kemerdekaan, Dandim Menyalami dan Menyapa Para Veteran




Cilacap. Jateng, www.tribunusantara.com  - Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han) bersama Bupati H. Tatto Suwarto Pamuji dan unsur Forkopimda Kabupaten Cilacap melaksanakan Tamah Tamah dengan Para Perintis Kemerdekaan, Veteran, Purnawirawan, PWRI dan Angkatan '45 di Pendopo Wijayakusuma Sakti Kabupaten Cilacap, Sabtu (17/8/19).

Kegiatan tersebut juga diikuti Setda Cilacap Drs. Farid Ma'aruf. MM, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Cilacap Drs. H. Saefuddin Turmuzy, MH, Para Kepala OPD Kabupaten Cilacap serta Perwakilan BUMN dan BUMD Kabupaten Cilacap.

Diawal kegiatan ramah tamah ini, Dandim Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han) yang jauh lebih muda dan sebagai bentuk penghormatan kepada para veteran, mendatangi satu persatu para veteran yang duduk di kursi undangan, menyalami dan menyapanya bahkan diajaknya untuk berfoto bersama. " Mereka salah satu pejuang bangsa, tanpa andil mereka, kita tidak bisa seperti sekarang ini, " Ujar Dandim.

Dalam kegiatan ramah tamah ini, Ketua LVRI Kabupaten  Cilacap Kapten Inf (Purn) Suharman dalam sambutannya secara pribadi merasa senang karena Pemerintah telah memberikan bantuan dana veteran. Namun demikian menurutnya hal itu masih kurang mengingat masih banyak pakaian seragam veteran yang tidak sama sehingga dia mengharapkan perhatian yang lebih dari Pemerintah Daerah.

Para Veteran yang nota banenya sudah tua ini, tetap semangat dan tidak kalah dengan kaum muda. Bahkan saat Kapten Inf (Purn) Suharman memimpin memekikkan kata Merdeka, mereka dengan lantang meneriakan dengan penuh semangat. " Pekikan kata merdeka harus penuh semangat tidak boleh hanya di bibir saja, walaupun kami sudah sepuh tetapi semangat dan jiwa juang kami masih tinggi," kata Kapten Inf (Purn)  Suharman.

Mewakili purnawirawan lainnya, dirinya menitip pesan kepada para generasi penerus untuk tidak meninggalkan sejarah serta tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Tetap jaga persatuan dan kesatuan, pendapat boleh beda tetapi harus tetap bersatu demi lestarinya bangsa dan negara ini," pungkasnya.

Sementara mewakili Forkopimda, Kapolres AKBP Djoko Julianto. S.I.K, M.H, menyatakan siap melaksanakan arahan dari para sesepuh para veteran untuk menjaga persatuan dan persatuan. Unsur TNI, Polri dan Pemda Kabupaten Cilacap selalu berkoordinasi, silahturahmi dan bersama-sama menjaga keutuhan kesatuan dan persatuan untuk kemajuan Kabupaten Cilacap khususnya dan Bangsa Indonesia.

Para veteran ini memang layak mendapat perhatian lebih dari Pemerintah. Terlebih lagi pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ini. Bukan hanya perorangan saja namun organisasi yang menaungi mereka juga harus diperhatikan.

(Urip)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.