Header Ads

Babinsa Sumbersari Bantu Pembangunan SIT



Lumajang, Pendim 0821 - Sebagai wujud pelaksanaan tugas pendampingan terhadap petani di wilayah, Babinsa Sumbersari Koramil 0821/16 Rowokangkung mendampingi pelaksanaan Pembangunan Saluran Irigasi Tersier (SIT) di Dusun Bayur Desa Sumbersari Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (14/09/2019).

Babinsa Sumbersari, Serda Haryanta di sela kegiatan mengatakan, permasalahan yang selalu dihadapi petani saat musim kemarau adalah sulitnya memenuhi kebutuhan air bagi lahan pertanian.

Dirinya juga mengatakan, guna mengatasi hal tersebut, bersama dengan pemerintah desa berupaya melalui Dana Desa (DD) membangun SIT sepanjang 250 meter yang nantinya akan menyuplai air bagi lahan pertanian seluas 280 hektar.

"Dengan dibangunnya SIT ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan kekurangan air bagi lahan pertanian di Desa Sumbersari, sehingga dapat menunjang upaya peningkatan hasil panen dalam mendukung program Ketahanan Pangan Nasional sesuai dengan yang diharapkan pemerintah," katanya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Desa Sumbersari, Suwandoko, bahwa petani sering mengeluhkan lahan pertaniannya kekurangan air saat musim kemarau, sehingga pemerintah desa bersama babinsa berupaya untuk mengatasi hal tersebut.

Suwandoko nenambahkan, pembangunan SIT dapat menambah debit air yang dialirkan, sehingga saat musim hujan air dapat dialirkan dengan lancar dan tidak sampai menggenangi lahan petani.

"Terima kasih disampaikan kepada babinsa dan PPL yang telah aktif mendampingi petani, semoga hasil pertanian Desa Sumbersari dapat lebih meningkat dan dapat menunjang tercapainya tujuan Program Ketahanan Pangan Nasional," pungkasnya. (Pendim0821/Fj).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.