Header Ads

Dandim 0821 Ajak Masyarakat Senduro Lestarikan Lingkungan





Lumajang,  Jatim – Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf Ahmad Fauzi, S.E. mengajak masyarakat masyarakat untuk selalu memelihara kelestarian lingkungan, dengan melakukan gaya hidup hijau dan ramah lingkungan.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka kegiatan penghijauan dalam rangka pelaksanaan program penghijauan dan peringatan HUT ke-74 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2019 di kawasan Sumber Mata Air Ciri, Desa Pandansari, Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (25/9/2019).

Fauzi juga menyampaikan, bahwa tugas TNI sesuai dengan Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 pasal 8 Ayat D adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat, yang dilaksanakan TNI AD melalui pembinaan teritorial.

“Salah satu aspek penting dari pelaksanaan tugas ini adalah menyiapkan potensi geografi untuk menjadi ruang juang yang tangguh sebagai komponen pertahanan negara di darat,” tambahnya.

Lebih lanjut disampaikannya, kegiatan penghijauan saat ini merupakan wujud nyata Kodim 0821 dalam melaksanakan program Komando Atas, sekaligus dalam rangka memperingati HUT Ke-74 TNI tahun 2019.

Dia juga mengatakan, bahwa penghijauan dan pelestarian di kawasan sumber mata air merupakan program yang sudah dicanangkan oleh Bupati Lumajang, dalam rangka penyelamatan lingkungan, rehabilitasi hutan dan lahan melalui konservasi tanah dan air.

“Reboisasi dan penghijauan sudah tidak bisa ditunda lagi, karena ancaman global yaitu bencana alam dan hilangnya ekosistem yang ada didalamnya, sehingga bibit pohon yang ditanam nantinya dapat mensejahterakan masyarakat, serta berguna sebagai resapan mata air,” katanya.

Dandim berharap, dengan kegiatan penghijauan, hutan dapat terpelihara dengan baik dengan lahan ditumbuhi pepohonan yang cukup, sehingga dapat menjadi penunjang dalam menjaga keseimbangan alam.

“Untuk itu, penanaman pohon perlu untuk digalakkan, karena pohon mampu menyerap kadar CO2 di udara, mengatur tata air, menyuburkan tanah, serta menghasilkan buah dan kayu bagi masyarakat,” pungkasnya.

Kegiatan penghijauan tersebut diikuti oleh personel Kodim 0821, Minvedcad 19 Lumajang, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Cabang Dinas Kehutanan wilayah Provinsi Jawa Timur, Forkopimcam Senduro dan masyarakat Desa Pandansari, serta mahasiswa STIE Widya Gama Lumajang. (Pendim0821/Fj).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.