Dukung Program Kedaulatan Pangan, Kodim 0703/Cilacap Remajakan Bangun KRPL





Cilacap - Program kedaulatan pangan masih terus digelorakan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Termasuk Komando Distrik Militer (Kodim) 0703/Cilacap. Dalam rangka mendukung program tersebut, pihaknya melakukan peremajaan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang ada di Makodim, Rabu (18/9/19).

Peremajaan ini dilakukan karena tanaman yang sudah ditanam mulai habis masa panennya. Direncanakan tanaman yang akan ditanam ulang yaitu tanaman cabai, terong, sawi, tomat, jahe merah dan berbagai macam sayur-sayuran. Kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan kosong dan memacu masyarakat agar memanfaatkan lahan yang ada di rumah masing-masing. Sehingga kebutuhan sehari-hari dapat terpenuhi dari hasil tanaman yang ada di lahan sendiri dan mengurangi pengeluaran belanja.

Dijelaskan Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, S.E. M.Tr (Han), ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi setiap rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup baik jumlah maupun mutunya, aman, merata dan juga terjangkau.

" Berdasar definisi tersebut, terpenuhinya pangan bagi setiap rumah tangga merupakan tujuan sekaligus sebagai sasaran dari ketahanan pangan di Indonesia. Oleh karenanya pemantapan ketahanan pangan dapat dilakukan melalui pemantapan ketahanan pangan di tingkat rumah tangga", jelas Dandim.

Dandim menyebut di Makodim 0703/Cilacap sendiri sudah sejak lama di beberapa titik diisi tanaman-tanaman hidroponik. Beberapa tanaman hidroponik yang umum adalah sayur-sayuran seperti tanaman cabai, sawi, bayam, kangkung, serta tanaman yang lainnya.

"Dengan pengembangan tanaman hidroponik ini kami berharap dapat menjadi contoh bagi masyarakat pada umumnya dan khususnya di lingkungan Kodim Cilacap dan jajarannya. Kita mulai dari diri kita sendiri dahulu," papar perwira menengah TNI asal Purbalingga tersebut.

Menurut Dandim, menanam hidroponik dijamin akan mendapatkan berbagai manfaat berlimpah. Selain memanfaatkan lahan kosong, menanam hidroponik akan menambah asri lahan pekarangan.

"Tanaman hidroponik juga tidak membutuhkan tempat yang luas, bisa dilakukan pada lahan pekarangan. Selain itu, tanaman ini memiliki masa pertumbuhan yang lebih cepat dan kualitas hasil tanamannya pun dapat terjaga dengan baik, " tandasnya.

(Urip)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.