Header Ads

Melihat Arti Tradisi Sedekah Bumi, Bentuk Rasa Syukur Dalam Kacamata Budaya Desa Jokarto




Lumajang, Jatim -   radarnasional.net.- Memasuki tahun baru Islam 1441 Hijriyah atau biasa masyarakat menyebutnya dengan malam suro, Warga Desa Jokarto Kecamatan Tempeh, kamis 05/09/2019 pukul 20.00 wib mengisi moment tersebut dengan mengadakan pengajian Akbar Tahun Baru Islam 1441 Hijriah dan memberikan santunan terhadap Anak Yatim sekalian Bersih desa.

Kegiatan yang ditempatkan di balai desa Jokarto tersebut tampak dihadiri Muspika kecamatan tempeh, Pemdes jokarto, Tokoh pemuka Agama, Tokoh Masyarakat, Ansor, Banser dan Anak Yatim serta seluruh warga Desa jokarto.

Dalam acara tersebut mengundang KH.M. Nizar dari pulo, dengan rangkaian acara Tawasulan, Khotmil Qur'an, Sholawat Nabi, Albanjari dan Santunan Anak yatim piyatu.

Jalan nya penyerahan santunan 51 anak yatim, diiringi dengan tangis haru dan doa ribuan jama'ah pengajian, dengan besar harapan semoga semua anak yatim dan yatim piatu di kemudian hari menjadi anak yang sholeh solikhah berguna untuk agama dan bangsa ini.

KH.M.Nizar dari pulo menyampaikan kepada jama'ah yang hadir bahwa pelaksanaan malam itu penuh dengan kekurangan, baik tempat maupun pendanaan, namun Alhamdulilah kegiatan rutin yang termasuk agenda tiap tahun desa jokarto, yang di dukung dari semua kalangan, baik jama'ah, Pengusaha dan Donatur dari masyarakat.

Lebih lanjut disampaikan oleh panitia, kegiatan malam ini sudah sangat meriah yang dulu hanya bisa memberikan santunan sebagian anak saja, namun saat ini kita sudah bisa memberikan 51 anak yatim dan yatim piatu “semoga tahun depan bisa menambah undangan anak yatim yang lebih”, terang.

Secara terpisah kepada awak media ini, Afifudin selaku kepala desa serta tokoh masyarakat menyambut baik acara ini yang bertempatan pada Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah. ” Alhamdulillah acara nya lancar, kami warga desa jokarto sangat mendukung kegiatan positif ini dengan mengadakan sedekah bumi dan santunan terhadap Anak Yatim, semoga tahun depan diadakan lagi kegiatan serupa. ”Pungkasnya.(Bkt/red).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.