Header Ads

Merajut Persatuan dan Kesatuan Anak Bangsa Melalui Olahraga Bersama





Denpasar,  www.tribunusantara.com  - Dalam upaya meningkatkan soliditas, sinergitas dan menjalin hubungan yang baik melalui komunikasi yang harmonis serta menanamkan rasa Cinta Tanah Air antar sesama Bangsa Indonesia, Kodam IX/Udayana bersama-sama komponen masyarakat Provinsi Bali menyelenggarakan acara olahraga bersama yang dilaksanakan di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar, Jumat (13/09/2019).

Acara ini terlaksana sebagai bentuk soliditas sesama anak bangsa yang peduli terhadap persatuan dan kesatuan serta keutuhan dalam berbangsa dan bernegara. Melalui kegiatan ini ingin menegaskan kembali bahwa Negara Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, bermacam-macam suku bangsa dan ras yang tersebar dari Sabang sampai Merauke merupakan rumah kita, tempat tinggal kita. Oleh karena itu, kita sebagai anak bangsa yang harus merawat dan menjaga keutuhan NKRI.

Dalam Sambutannya Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., mengatakan, olahraga bersama ini merupakan momentum yang sangat baik sebagai sarana mempertahankan soliditas, sinergitas dan membina hubungan komunikasi yang harmonis serta menjalin hubungan kekeluargaan, silaturahmi dan menjaga kekompakan segenap komponen bangsa untuk bersama-sama menjaga tetap tegaknya NKRI.

“Kegiatan ini juga sebagai wujud komitmen kita bahwa NKRI tetap dalam bingkai kebhinnekaan, oleh karena itu, mari kita kukuhkan semangat kebhinnekaan untuk tetap tegaknya NKRI. Ini momentum yang baik untuk meneguhkan kembali tekad kebersamaan kita, jangan mudah terprovokasi oleh informasi-informasi bohong yang disebarkan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab yang menginginkan Indonesia runtuh,” tegas Pangdam.

Lebih lanjut Perwira bintang dua tersebut mengatakan, bahwa “tujuan olahraga bersama ini sangat positif, maka saya mengajak kepada seluruh hadirin untuk melaksanakan kegiatan ini dengan penuh kegembiraan, kebersamaan dan dengan penuh rasa kekeluargaan.” Demikian jelasnya.

Acara yang diikuti oleh ribuan orang termasuk pelajar dan mahasiswa dari Papua yang berada di Bali, pelajar peserta Parade Cinta Tanah Air yang berasal dari seluruh Provinsi di Indonesia mengambil tema “Dari Bali Meneguhkan Kembali Keindonesiaan”. Hal ini dimaksudkan untuk menyuarakan kepada Bangsa Indonesia agar meneguhkan kembali persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa, sehingga tidak menimbulkan konflik yang mengakibatkan perpecahan.

Para peserta sangat antusias mengikuti setiap acara, mulai dari senam bersama dilanjutkan tarian Yospan dan senam Sajojo, acara tersebut juga dimeriahkan dengan persembahan lagu-lagu daerah dari Papua. Hadir pada kesempatan tersebut Wakapolda Bali, Kadisdikpora Prov. Bali, Danrem 163/WSA, para Asisten Kasdam IX/Udayana, Para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, para Dandim jajaran Korem 163/WSA, anggota TNI dan PNS Kodam IX/Udayana, anggota Polri jajaran Polda Bali serta siswa/i dan mahasiswa asli Papua se Bali. (Pendam/Udy)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.