Polda Jatim Gelar Gebyar Expo Pengembalian Barang Bukti




Surabaya Jatim - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur terus berupaya mewujudkan pelayanannya untuk masyarakat.

Kali ini Direktorat Reserse Kriminal Umum yang akan menggelar kegiatan sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat.

Kegiatan ini bertajuk Gebyar Expo Pengembalian Barang Bukti Hasil Kejahatan Polda Jatim 2019, yang akan digelar selama sepekan mulai tanggal 24 sampai dengan 30 September 2019, pukul 10.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB di Halaman Polda Jatim, Jalan Ahmad Yani nomor 116, Surabaya.

Pengembalian Barang bukti ini diperuntukan untuk masyarakat atau korban pelaku tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor secara gratis.

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim, AKBP Leonard M Sinambela, mengatakan, acara itu digelar dalam rangka meningkatkan pelayanan masyarakat terkait penegakan hukum terhadap kasus pencurian kendaraan bermotor.

"Yang mana menurut data kejadian bahwa kejahatan yang terkait dengan kendaraan cukup banyak, baik roda dua maupun roda empat cukup banyak dialami masyarakat," ujar AKBP Leonard M Sinambela, Jumat (20/9/2019).

Dijelaskan Leonard, pengunjung bisa mencari tahu kendaraan yang hilang selama acara digelar. Apabila telah menemukan, sang pemilik bisa mengambilnya. Tentu dengan menunjukkan beberapa surat bukti kepemilikan terlebih dahulu kepada petugas. Seperti STNK, BPKB atau surat keterangan dari pihak bank jika kendaraan masih berstatus kredit. Serta, bukti laporan kehilangan.

"Bukti laporan (kendaraan) hilang, laporan kejadian dan sebagainya. Serta surat-surat bukti kepemilikan kendaraan," lanjut Leonard.

Untuk memudahkan pengecekan keberadaan kendaraan, petugas kepolisian di lokasi acara akan menyiapkan daftar kendaraan sesuai nomor mesin maupun rangka kendaraan.

Selama acara pengambilan barang bukti tidak dipungut biaya alias gratis. Sehingga pihaknya berharap masyarakat dapat menghadiri acara tersebut.

Lebih lanjut Leonard menambahkan Acara Gebyar Expo tersebut juga akan digelar di delapan Polres jajaran. "Polrestabes Surabaya, Polresta Sidoarjo, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Polres Kota Mojokerto, Polres Mojokerto, Polres Gresik, Polres Kota Pasuruan dan Polres Pasuruan," pungkasnya.

Humas

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama