Header Ads

Sambut HUT TNI, Pendam Pattimura Gelar Penghijauan



Dalam rangka menyambut HUT TNI ke 74 yang akan jatuh pada 5 Oktober mendatang, sejumlah rangkaian kegiatan seperti karya bakti, bakti sosial dan berbagai kegiatan lainnya, termasuk aksi penanaman pohon dilakukan oleh seluruh jajaran Kodam XVI/Pattimura.

Seperti pada Sabtu (14/09/2019) kemarin, dilaksanakan kegiatan penghijauan penanaman pohon di Desa Air Besar (Arbes), Kec Sirimau, Kota Ambon. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Staf Penerangan Kodam XVI/Pattimura dan Tokoh Masyarakat Desa Arbes.

Pada kesempatan tersebut, Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Inf Jansen Simanjuntak mengatakan, penghijauan ini  dilakukan dalam rangka menyambut HUT TNI ke 74 yang akan jatuh pada 5 Oktober 2019.

"Penghijauan ini bertujuan untuk mencegah bahaya banjir dan tanah longsor. Selain itu, melalui penanaman pohon kembali, akan memperkuat daya ikat tanah dan memudahkan penyerapan air di saat musim penghujan serta menjaga kondisi alam agar tetap lestari," Ujar Kapendam.

"Melalui penghijauan ini juga dapat memperbaiki kualitas air tanah, mengurangi polusi udara dan pemanasan global (global warming) serta sejumlah manfaat lainnya. Untuk itu utamakan pemeliharaan dan perawatan tanaman agar bermanfaat bagi kita sekaligus menjaga kondisi alam dari bahaya bencana," Tandas Kapendam.

Ditambahkan Kapendam, sejumlah 60 bibit pohon tanaman keras ditanam dalam aksi penghijauan di Lereng Gunung Arbes ini. Untuk jenis bibit pohon yang ditanam yaitu Durian 15 pohon, langsat 15 pohon, mangga 20 pohon dan pala 10 pohon. Kapendam juga menyerahkan bibit pohon secara simbolis kepada Tokoh masyarakat setempat.

Terpisah, Tokoh masyarakat setempat, Sofyan Leuly (55) mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini, sangat bermanfaat bukan hanya bagi masyarakat tetapi lingkungan.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan penghijauan yang di laksanakan ini yang dimana sangat bermanfaat kedepan. Kegiatan ini juga sebagai antisipasi terhadap pemanasan global dan yang terpenting bagaimana kita bisa menjaga pohon yang telah ditanam yang merupakan tanggungjawab kita bersama,” kata Sofyan.

Usai giat penanaman, banner-banner terkait lingkungan juga dipasang untuk menggugah dan menghimbau masyarakat di Desa Arbes. Metode Pemasangan banner ini bertujuan agar masyarakat turut menjaga lingkungan dan lebih meningkatkan kepedulian serta kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan terlebih di sungai.

Isi dari himbauan tersebut menurut Kapendam iyalah “Mari Katong Jaga Hutan Maka Hutan Jaga Katong”, “Ingat Sungai Bukan Tempat Sampah, Jaga Kebersihannya dan Nikmati Indahnya” dll. (Pendam16)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.