Header Ads

Babinsa Jatimulyo Hadiri Giat Bersih Dusun Saparan




Kulon Progo.  Senin (21/10/2019) Serka Adi Sarjono, Babinsa Jatimulyo, Koramil 12/Girimulyo, Kodim 0731/Kulon Progo bersama Bhabinkamtibmas, menghadiri dan melaksanakan pemantauan acara adat Bersih Dusun Saparan, yang berlangsung di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo.

Bersih Dusun Saparan rutin diselenggarakan oleh warga Dusun Banyunganti setahun sekali, untuk nguri-uri/memelihara keberadaan adat budaya Jawa agar tidak hilang. Dalam pelaksanaannya selalu dihadiri oleh Perangkat Desa Jatimulyo, Dukuh, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, dan diikuti oleh seluruh warga Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo.

Selain diisi dengan kata sambutan dan ritual adat budaya, pada acara Bersih Dusun Saparan pada tahun ini dilaksanakan penanaman pohon beringin dan pohon perindang lainnya secara simbolis oleh Tokoh Adat dan Dukuh Banyunganti, Perangkat Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Jatimulyo.  Pohon perindang yang akan ditanam sebanyak 250 batang, 50 batang ditanam pada hari ini, sedangkan sisanya 200 batang akan ditanam pada saat musim hujan tiba. (Pendim 0731/KP).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.