Header Ads

Dandim Bangli : Kepada Kaum Melineal, Jangan Gengsi, Jadi Petani Juga Keren








Bangli, Bali  - Dalam mewujudkan swasembada pangan nasional Kodim 1626/Bangli melaksanakan program upaya khusus ketahanan pangan. Program ini dilaksanakan oleh Kodim 1626/Bangli dalam rangka membantu pemerintah mensejahterakan petani.

Demikian dikatakan Pasiter Kodim 1626/Bangli Kapten Chb Komang Gita, Kamis (10/10) saat melaksanakan panen di lokasi Demplot Kodim 1626/Bangli di areal persawahan Subak Dangin, Desa Demulih, Susut, Bangli.

Menurut Pasiter, Demplot atau Demontration Plot merupakan suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan. Hal ini bertujuan agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap obyek yang didemontrasikan, sehingga diharapkan adanya perubahan-perubahan cara bercocok tanam yang baik bagi petani.

"Kegiatan Demplot ini merupakan kerjasama antara pemilik lahan dengan Kodim 1626/Bangli yang dikerjakan secara bersama-sama", kata Pasiter.

Dandim 1626/Bangli Letkol Inf Himawan Teddy Laksono, S.I.Kom, M.Tr. (Han)., yang langsung turun ke lapangan menyampaikan, TNI telah melakukan beberapa terobosan untuk tercapainya swasembada pangan.

"Kegiatan yang sudah kita laksanakan yaitu  pendampingan kepada petani secara terus menerus mulai dari pengawalan bibit dan pupuk agar tepat sasaran, melaksanakan pendampingan dalam pengolahan lahan, penanaman, perawatan tanaman hingga masa panen", sebut Letkol HTL.

Tujuan dilaksanakannya metode Demplot yaitu untuk meningkatkan hasil yang bermuara pada swasembada yang mendukung terwujudnya ketahanan pangan.

Dalam kesempatan tersebut Dandim juga mengajak kepada petani untuk tetap termotivasi dalam mengolah lahannya. Jadi petani adalah pekerjaan terhormat dan jangan malu untuk jadi petani. Kalau pekerjaan ini ditekuni hasilnya juga menjanjikan.

"Kepada kaum melineal jangan gengsi, jadi petani juga keren", tambah  Dandim.

Pemilik lahan I Wayan Repot menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI karena telah membantu kegiatan berupa penerapan metode Demplot di lahan miliknya.

Dengan adanya pendampingan dari TNI dirinya mendapat spirit baru dalam mengolah tanahnya. Sehinga hasilnya menjadi meningkat dari tahun sebelumnya. (Kodim 1626/Bangli)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.