Header Ads

Jajaran TNI di NTB Gelar Penanaman Mangrove Dalam Rangka HUT TNI ke 74



Lombok Barat – Dalam rangka menjaga abrasi pantai, jajaran TNI di Provinsi NTB menanam pohon mangrove di pantai Cemara Desa Lembar Kecamatan Lembar Lombok Barat, Senin (7/10).

Penanaman pohon mangrove yang diselengarakan Lanal Mataram dihadiri Danrem 162/WB  Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. SH. M.Han., Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Dados Raino, Danlanud ZAM Rembiga Kolonel Nav Budi Handoyo, Dandim 1606/Lobar Kolonel Czi Eferjon Kroll bersama Forkopimda Lobar.

Danlanal Mataram dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas pelaksanaan penanaman sekitar 1.600 pohon mangrove di sepanjang pantai Cemara yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Menurutnya, penanaman pohon mangrove tersebut dilakukan selain dalam rangka HUT TNI ke 74, juga bertujuan menjaga kelestarian ekosistem lingkungan dan mencegah terjadinya abrasi pantai.

“In syaa Allah penanaman mangrove ini juga akan bermanfaat bagi masyarakat dalam peningkatan perekonomian khususnya bagi saudara-saudara kita para nelayan,” ujar Dados sapaan akrab Danlanal Mataram.

Terpisah Danrem 162/WB disela-sela penanaman pohon mangrove memberikan apresiasi atas semangat para peserta terutama adik-adik pelajar yang ikut meluangkan waktu, berpartisipasi dalam gerakan pemeliharaan lingkungan.

Penanaman pohon mangrove tersebut, kata Danrem, sudah sering dilakukan bersama pemerintah daerah maupun masyarakat mengingat manfaatnya yang sangat luar biasa. “Manfaatnya tidak hanya untuk lingkungan tetapi juga bagi kelangsungan hidup manusia terutama Oksigen (O2) dan hasil biota laut yang dapat dimanfaatkan oleh manusia seperti kepiting maupun udang laut,” terangnya.

Rizal juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan baik disekitar pesisir pantai maupun hutan sehingga akan terlihat asri, sejuk dan nyaman.   (Pen)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.