Mengenal Sosok Prof. Dr. Emil Salim



Prof. Dr. Emil Salim (lahir di Lahat, Sumatra Selatan, 8 Juni 1930; umur 89 tahun) adalah seorang ahli ekonomi, cendekiawan, pengajar, dan politisi Indonesia.

Pak Emil Salim juga lulusan SMAN 1 Bogor yang melanjutkan kuliah di Universitas Indonesia dan tercatat salah satu dedengkot aktifis mahasiswa yg pernah mengobrak abrik kedutaan besar Perancis di Jakarta saat solidaritas kemerdekaan bangsa AlJazair. Tidak heran dengan semangat revolusionernya karena beliau juga adalah anggota Mobilisasi Tentara Pelajar Siliwangi.

Pak Emil juga merupakan salah seorang di antara sedikit tokoh Indonesia yang berperan dalam dunia internasional.

Ia adalah tokoh lingkungan hidup internasional yang pernah menerima The Leader for the Living Planet Award dari World Wide Fund (WWF), suatu lembaga konservasi mandiri terbesar dan sangat berpengalaman di dunia. Ia juga penerima anugerah Blue Planet Prize pada tahun 2006 dari The Asahi Glass Foundation.

Pada tahun 1994, saat simposium mahasiswa Akuntansi se Indonesia, saya dan teman2 kuliah Di FE UNPAD mengundang beliau hadir sebagai panelis. Saya hormat kepada beliau karena begitu sabar & santunnya pak Emil terhadap kami para mahasiswa yang masih bodoh dan selalu bergejolak dalam bertanya.

Saat memperkenalkan diri sebagai moderator dalam panelis dan juga menyebutkan satu almamater di SMAN 1 Bogor, kaget saat beliau menyapa kemudian dengan bahasa sunda halus yang juga sungguh santun kepada anak muda seperti saya.

(***)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama