Header Ads

Pangdam Tutup Secara Resmi TMMD ke-106 di Wilayah Perbatasan



Kapuas Hulu, Kalteng, www.tribunusantara.com  - Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menutup secara resmi kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke-106 yang dilaksanakan oleh Kodim 1206/Putussibau di wilayah perbatasan Indonesia - Malaysia. Upacara penutupan dilaksanakan di Lapangan Taman Nasional Betung Kerihun (TNBK) Desa Manua Sadap, Kecamatan Embaloh Hulu, Kabupaten Kapuas Hulu. Yang diikuti oleh personel Satgas TMMD, para pelajar dan masyarakat. Dengan mengusung tema “Melalui TMMD kita wujudkan percepatan pembangunan untuk kesejahteraan rakyat.

Penutupan TMMD kali ini ditandai dengan pernyataan resmi dan pelepasan tanda peserta kepada perwakilan Satgas TMMD ke-106 Kodim 1206/Psb oleh Pangdam XII/Tpr. Selain itu, ditandai juga dengan penandatanganan dan penyerahan naskah hasil kegiatan TMMD ke-106 dari Dandim 1206/Psb, Letkol Inf Basyaruddin kepada Bupati Kapuas, Abang Muhammad Nasir, S.H. yang disaksikan oleh Pangdam XII/Tpr.

Dalam amanatnya Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para Prajurit TNI, POLRI, aparat pemerintah daerah, serta segenap komponen masyarakat yang telah bekerja keras guna mencapai sasaran pembangunan, baik fisik maupun non-fisik, yang mencakup 5 (lima) kabupaten di seluruh wilayah Kodam XII/Tpr.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad menyampaikan, TMMD merupakan program kerja sama yang terpadu dan berkelanjutan antara TNI, POLRI, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK), Pemda yang mensinergikan program tiap-tiap instansi untuk membantu meningkatkan percepatan pembangunan di daerah, sehingga meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

"Sampai kapan pun TNI akan tetap konsisten membantu kesulitan rakyat, memberdayakan masyarakat dan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan dan kualitas sumber daya masyarakatnya," ujar Pangdam XII/Tpr.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengajak kepada masyarakat untuk bekerjasama dalam membangun daerah, guna mengatasi berbagai permasalahan dan tantangan era globalisasi di bidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya. Untuk itu, selama kegiatan TMMD ini prajurit TNI hadir di tengah-tengah masyarakat guna menyebarkan semangat gotong royong untuk memajukan kesejahteraan masyarakat.

Pangdam XII/Tpr berharap kepada masyarakat untuk bersama-sama merawat dan memelihara hasil pekerjaan TMMD dalam rangka untuk mewujudkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat, serta meningkatkan semangat gotong royong dan kebersamaan. Selain itu berharap juga agar momen kegiatan TMMD ini dapat dijadikan sebagai wadah untuk bersilaturahmi antar sesama, guna tercipta suasana keakraban dan kekeluargaan.

"Kebersamaan antara TNI, POLRI, pemerintah daerah dengan rakyat harus terus terjaga dan terpelihara dalam keharmonisan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, demi terwujudnya ketahanan wilayah yang tangguh untuk menangkal berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang datang dari luar," tegasnya.

Selesai upacara penutupan, Pangdam XII/Tpr membuka kegiatan bhakti sosial yang dilaksanakan oleh Kodim 1206/Psb. Kesempatan tersebut Pangdam XII/Tpr menyerahkan secara simbolis bantuan paket sembako kepada masyarakat. Adapun kegiatan bhakti sosial yang dilaksanakan berupa pembagian sembako, pengobatan gratis, sunatan massal, pelayanan KB serta bazar. Selain itu untuk menghibur masyarakat juga digelar acara hiburan serta penampilan Marcing band dari SMAN 1 Putussibau. (Pendam XII/Tpr)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.