Header Ads

Semarak Sambut HUT TNI ke 74 Dengan Lomba Menyanyi




Ambon, Maluku – Jelang HUT TNI ke 74 tahun 2019  makin semarak. Banyak kegiatan dan perlombaan yang telah digelar TNI, dalam hal ini Kodam XVI/Pattimura dalam menyambut dan memeriahkan HUT TNI yang ke 74 pada 05 Oktober mendatang. Salah satunya dengan mengadakan lomba menyanyi. Inilah yang dilakukan Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq, dengan menggagas perlombaan tersebut.

“Lomba menyanyi ini adalah kompetisi yang dilaksanakan untuk mengajak masyarakat Maluku terlebih bagi generasi muda mengasah kemampuan di bidang vokal sekaligus dalam rangka menyambut HUT TNI ke 74,” ujar Pangdam.

Dijelaskan, lomba yang tidak hanya diikuti prajurit, PNS beserta keluarganya namun juga terbuka untuk umum tersebut, dibagi dalam tiga kategori yakni, Solo, Vocal Group dan Paduan Suara. Perlombaan menyanyi kategori Vocal Group dan Solo sudah diawali dengan proses audisi beberapa waktu lalu (26 s.d 27 Sep 2019) dan final pada hari ini (01/10) bertempat di
Gedung J. Laemena Lantamal IX Ambon (Vocal Group) dan Gedung Club House Lanud Pattimura (Solo). Untuk Kategori Paduan Suara, babak Final di gelar besoknya (02/10) di Baileo Slamet Riyadi, Makorem 151/Binaiya.

Sesuai nama acara, peserta wajib memenuhi persyaratan lolos audisi kemudian berhak maju ke babak final.  Dari proses audisi ini kemudian dipilih empat finalis dari masing-masing kategori sebagai juaranya.

Selain memperebutkan piala, peserta juga mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah dan trophy serta piagam. Untuk menentukan juara, pihak panitia menunjuk dewan juri profesional dan berkuallitas di bidang musik yaitu Bapak Remon Ulolo, Bapak George Talea, Bapak Hendrik dan Mayor Caj Bangun S (Koordinator Lomba).

Pangdam XVI/Pattimura yang mana turut hadir pada kegiatan Final lomba menyanyi Kategori Vocal Group di Lantamal IX/Ambon mengatakan, lomba tarik suara tersebut diprogramkan untuk mendukung secara konkrit penetapan Kota Ambon sebagai Kota Musik Dunia oleh United Nation Of Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Pangdam mengatakan, keinginan menggelar kegiatan lomba menyanyi tersebut bukan hanya itu, tetapi karena melihat besarnya potensi dan kualitas masyarakat Maluku khususnya generasi Muda dalam bermusik yaitu menyanyi.

“Tidak salah jika Maluku khususnya Ambon terkenal sebagai gudang penyanyi berkualitas karena kenyataannya selama ini banyak penyanyi bersuara emas ternama di Tanah Air bahkan di dunia internasional yang berasal dari sini”, ujar Pangdam.

Lomba menyanyi ini kemungkinan besar akan dijadikan event tahunan menjelang HUT TNI yang nantinya akan dijadikan wadah dan sarana bagi masyarakat Maluku khususnya generasi muda untuk menyalurkan bakat dan potensi menyanyi yang dimiliki, sekaligus menjadi batu loncatan menghadapi event yang lebih tinggi, dan mampu berkompetisi di blantika musik Tanah Air di masa mendatang.

Dalam pelaksanaan lomba tersebut sudah terlihat antusias para peserta berupaya untuk menampilkan yang terbaik. Pangdam sangat mengapresiasi semua peserta, apalagi menyaksikan penampilan para finalis yang luar biasa. “Mereka menyanyi dari hati, walau mungkin masih ada yang terlalu berhati-hati”, kata Pangdam.

Dari perlombaan  ini, juara 1 untuk kategori penyanyi solo , juara satu diraih oleh nomor peserta 05  atas nama Salomy Iyarmasa, juara dua diraih oleh nomor peserta 07 atas nama Irene M.Paliama, juara tiga diraih oleh nomor peserta 01 atas nama Dennis A. Tehupuring dan Juara harapan diraih oleh nomor peserta 06 atas nama Alicia Teftutul.

Untuk kategori Vocal group , keluar sebagai juara 1 yaitu Vocal group Polda Maluku dengan total nilai 2.730, juara dua yaitu Vocal group Keuangan Kodam (Kudam) XVI/ Pattimura dengan total nilai 2.620, juara tiga diraih oleh Vocal group Peralatan Kodam (Paldam) XVI/Pattimura dengan total nilai 2.550, dan juara harapan diraih oleh Vocal group Perhubungan (Hubdam)  XVI/PTM dengan total nilai 2.480. (Pendam16)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.