Satgas Pangan Kota Sukabumi Sidak Pasar, Stok Bahan pokok Aman



Sukabumi Kota www.tribunusantara.com -  Polres Sukabumi Kota - Menjelang perayaan dan tahun baru, Satgas pangan kota Sukabumi melakukan sidak ke pasar tradisional dan pasar modern yang ada di kota Sukabumi. Seperti yang terlihat di salah satu pasar modern di jalan A. Yani Cikole kota Sukabumi, Senin (23/12) pagi.

Sidak pasar langsung dipimpin oleh Walikota Sukabumi H. Achmad Fahmi dan Kapolres Sukabumi Kota Akbp Wisnu Prabowo, tim 1 Satgas pangan kota Sukabumi melakukan pengecekan ketersediaan serta stabilitas harga bahan pokok.

Kapolres Sukabumi Kota Akbp Wisnu Prabowo mengungkapkan bahwa harga serta ketersediaan bahan pokok di kota Sukabumi khususnya menjelang perayaan natal dan tahun baru masih relatif aman.

"Dari hasil pemantauan di dua tempat, pasar tradisional dengan di swalayan memang ada sedikit terjadi peningkatan, memang peningkatannya juga lumayan tapi rata-rata semuanya pasokan kebutuhan aman, harga fluktuatif saja" ujar Akbp Wisnu.

Lanjutnya, "Kita saat ini satgas pangan bergerak untuk menginikan oleh para pelaku yang spekulan yang melihat momen natal dan tahun baru ini untuk menimbun barang biar supaya harganya bisa dinaikan, itu sudah kita pantau, terpantau oleh satgas pangan", jelasnya.

Senada dengan Kapolres, Walikota Sukabumi H. Achmad Fahmi turut menyampaikan bahwa Satgas pangan bentukannya tersebut dibagi menjadi tiga tim yang bertugas untuk melakukan pengecekan ketersediaan serta stabilitas harga bahan pokok di pasar tradisional dan pasar modern khususnya menjelang perayaan natal dan tahun baru.

"Jadi hari ini ada tiga tim yang kita bentuk, kita buat terjun ke lapangan langsung, yang pertama mengecek situasi di pasar tradisional, yang kedua mengecek di pasar modern, pertama kita mengecek ketersediaan stok, alhamdulilLah ketersediaan stok aman, jadi bahan makanan, bahan pangan pokok strategis semuanya aman dan ready stok" ungkap Fahmi.

Lanjutnya, "yang kedua  dari sisi harga, tadi  kapolres menyatakan ada fluktuatif harga ternyata juga antara di pasar tradisional dengan pasar modern itu juga sudah terjadi perbedaan harga, cenderung lebih murah di pasar modern kalo kita lihat saat ini tapi intinya masih dalam batas toleransi".

Selain itu, Fahmi pun menyampaikan bahwa telah ada kenaikan harga yang cukup signifikan di beberapa komoditas bahan pokok seperti cabe keriting, tomat, bawang merah dan ayam.

"Yang naik cabe keriting itu naik cukup tinggi kemudian tomat kemudian juga bawang merah yang sangat tinggi juga mengalami kenaikan, ayam juga komoditas yang naik juga" tutur Fahmi.

Lanjutnya, "pertama kita lihat masih dalam batas wajar, standar wajar jadi ketika masih dalam standar wajar kita menjaga supaya tidak terjadi kenaikan lagi. Mudah-mudahan kalo kita tadi dialog dengan para pedagang tampaknya harga akan bertahan sampai dengan tahun baru, tidak ada kenaikan lagi" jelasnya.  ( Tatak W)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama