Puslitbang Polri Gelar Penelitian di Polres Sukabumi Kota



Sukabumi Kota - tribunus-antara.com Tim pusat penelitian dan pengembangan (Puslitbang) Polri menggelar penelitian terhadap kepercayaan dan pelayanan masyarakat di Polres Sukabumi Kota, Selasa (21/01) pagi.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo, S.I.K, menyambut penelitian yang di pimpin oleh Kombes Pol Sudrajat Hariwibowo, S.I.K., M.Si. selaku Ketua Tim, kemudian anggota AKBP Rahmat Syukri serta Konsultan dari STIK PTIK Dr. Vita Mayastinasari S.E., M.Si.

Di sela-sela penelitian, Kombes Sudrajat mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melihat sejauh mana tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan 5 fungsi Kepolisian di Polres Sukabumi Kota

"Tujuan penelitian ini untuk melihat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap 5 fungsi pelayanan kepolisian di Polres Sukabumi Kota yaitu dari fungsi Lalulintas, Reserse, Intel, Binmas dan Sabhara." Jelas Kombes Sudrajat.

Ketua tim juga mengatakan penelitian dilaksanakan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada masyarakat dan instansi lainnya di wilayah Kota Sukabumi.

"Jadi kita nanti akan meneliti lebih banyak ke masyarakat juga instansi lainnya seperti pemerintahan daerah, kejaksaan, pengadilan hingga warga binaan di lapas, kita berikan kuesioner untuk menilai kinerja rekan-rekan polisi di Polres Sukabumi Kota ini." Jelasnya

Lanjutnya, "Kegiatan ini bukan untuk pemeriksaan, melainkan untuk penelitian saja, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja layanan Kepolisian di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota."

Adapun 5 indikator pengungkit layanan yang dilihat diantaranya ; Bukti langsung (tangibles), Keandalan (reliability), Daya tanggap (responsiveness), Jaminan (asurance) dan Kesesuaian (conformance), dan ditambah satu indikator yaitu indikator reward terkait dengan kesejahteraan anggota berupa kenaikan gaji dan peningkatan Sarpras.

Selain memberikan kuesioner, kegiatan ini juga dilaksanakan dengan Focus Group Discussion (FGD).( Tatak )

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama