Ini Cara Polresta Peduli Ketahanan Pangan Di Wabah Pandemi Covid-19



Polresta Jayapura Kota - Wujudkan ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid-19, Kepolisian Polresta Jayapura Kota memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam komoditi sayuran.

Hal tersebut selain menjadi bentuk kemandirian dari anggota, hasil panen komoditi sayuran pun dimanfaatkan untuk membantu masyarakat sekitar secara berkelanjutan.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH.,S.IK.,M.Pd mengatakan lahan kosong ini khusus digunakan untuk menanam komoditi sayuran seperti terong, lombok, kangkung, tomat, jagung, dan singkong, dengan melibatkan pejabat Polresta Jayapura Kota.

“Jenis sayuran ini mudah dalam perawatannya dengan masa panen yang tidak lama. Dan hari ini kita mulai menanam berharap secepatnya akan dipanen,” ucap Kapolreta, Sabtu (13/6) pagi.

Dipaparkan AKBP Gustav, lahan kosong yang terletak di jalan Sorong Koya Barat, Distrik Muara Tami seluas 4.500 m2. Sehingga, dengan dimanfaatkan untuk areal pertanian, lahan kosong tersebut ini nantinya akan  menjadi lahan produktif kedepannya yang setiap kali panen hasilnya diberikan kepada masyarakat.

“Nantinya Secara rutin hasil panen sayuran ini akan dibagikan ke masyarakat, tentunya ini sebagai bukti kepedulian Polri untuk masyarakat di tengah wabah Pandemi,” tuturnya

Di tengah masa Pandemi Covid-19, kemandirian masyarakat sangat dibutuhkan. Maka dari itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan ketahanan pangan secara mandiri dengan bercocok tanam memanfaatkan lahan kosong atau pekarangan rumah.

“Ketahanan pangan dimulai dari lingkungan kita sendiri, kami berharap setiap warga yang memiliki lahan kosong atau pekarangan sebaiknya dimanfaatkan untuk tanaman yang bermanfaat agar ketahanan pangan dapat dimulai dari keluarga kita,” imbuhnya.

Secara umum, di Kota Jayapura merupakan daerah yang subur khususnya di wilayah Distrik muara tami. Oleh karena itu, tidak sulit jika lahan maupun pekarangan rumah warga dimanfaatkan untuk penanaman komoditas pangan.

“Selain memanfaatkan pekarangan yang luas, bagi yang minim pekarangannya bisa menanam di pot atau polybag, misal bisa menanam cabai rawit, daun bawang, selada, kentang, atau tanaman lain yang dapat meningkatkan ketahanan pangan. Tentunya jika ini dilakukan, masyarakat pun bisa memangkas pengeluaran jadi bisa bermanfaat untuk menjaga ketahanan ekonomi keluarga,” pungkasnya.

Turut hadir Kabag Sumda Kompol Willem Lumi, Kapolsek Muara Tami AKP Jubelina Wally, SH., MH, Wakapolsek Muara Tami AKP Yuli T. Kendek, Kapolsubsektor Skouw Iptu Kasrun, SH, Kasie Provost Polresta Ipda Firmansyah Arifin dan Personil Polsek Muara Tami. (*)


Penulis   : Andi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.