Bakti Sosial Kodim 0718/Pati Peringati HUT ke-75 TNI


Dandim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani,SE, M.I.Pol didampingi Forkopincam Batangan, Kades Bulumulyo dan tokoh masyarakat setempat menyerahkan kunci rumah kepada Mbah Dadiguno.


Acara penyerahan kunci rumah oleh Komandan Kodim 0718/Pati kepada penerima bantuan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dilaksanakan pukul 13.00 Wib di desa Bulumulyo Rt 05/05 Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Ini merupakan salah satu kegiatan bakti sosial yang digelar oleh Kodim 0718/Pati dalam rangka memperingati HUT ke-75 Tentara Nasional Indonesia.


Bangunan rumah milik mbah Dadiguno (71) yang merupakan penyandang disabilitas tuna rungu dan tuna wicara ini sebelumnya terlihat sangat memprihatinkan karena material kayu yang merupakan bahan utamanya sudah lapuk, atap dari genteng bocor disana sini bahkan sekitar satu tahun sudah tidak dihuni pemiliknya karena takut roboh.


Namun setelah mendapatkan sentuhan dari para donatur yang bersinergi bersama Pemdes Bulumulyo dan Koramil 15/Batangan, bangunan yang dahulu reot kini disulap menjadi bangunan mungil berukuran 4 X 8 Meter dengan dinding bata putih, atap dari asbes dan lantai sudah dicor sehingga menjadi rumah kategori sehat dan layak untuk dihuni.


Dalam sambutan yang disampaikan Komandan Kodim Pati hari jumat siang 25 september 2020, bahwa ini merupakan rangkaian kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh Kodim 0718/Pati dalam rangka HUT ke-75 Tentara Nasional Indonesia. “Kalau tahun sebelumnya biasanya HUT TNI kita acarakan dalam berbagai kegiatan diantaranya adalah panggung hiburan serta seni budaya seperti wayang dan olahraga bersama. Tetapi karena covid-19 ini sehingga untuk pengumpulan masa dibatasi,” Ujar Letkol Adi.


Menurut Dandim Pati untuk menghindari pengumpulan masa karena acara tersebut maka kegiatan-kegiatan HUT TNI dialihkan menjadi kegiatan karya bakti dan bakti sosial, salah satunya adalah rehab RTLH yang berjumlah 22 unit diseluruh wilayah Kabupaten Pati dan masing-masing kecamatan rata-rata ada satu unit rumah.


 “Alhamdulilah hari ini Rehab RTLH di desa Bulumulyo kecamatan Batangan sudah selesai, saya mengucapkan terimakasih banyak kepada pak Camat, pak Kapolsek, pak Kades, Kepala BKK Batangan dan semua pihak yang telah membantu pelaksanaan rehab RTLH yang kita dukung dan kerjakan bersama sesuai dengan tema HUT TNI yaitu Sinergi Untuk Negeri,”Terang Dandim.


Dia juga menambahkan selain Rehab RTLH, Kodim Pati juga telah melaksanakan bakti sosial lainnya diantaranya adalah donor darah, bantuan sembako dan bantuan air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan.


Ditemui ditempat yang sama, Mulyono kepala desa Bulumulyo dan sekaligus mewakili penerima bantuan mengucapkan terimakasih kepada Komandan Kodim atas bantuan rehab rumah yang diterima oleh mbah Dadiguno. “Alhamdulilah proses pekerjaan yang dilaksanakan mulai tanggal 4 september 2020 dan hari ini telah diserahkan kunci rumah yang dikerjakan secara gotong royong oleh warga masyarakat, pemdes dan yang memotori adalah anggota Koramil 15/batangan,”Ucap Mulyono.


Kepala desa juga menjelaskan,  “Untuk sumber dana rehab RTLH ini merupakan sumbangan dari para donatur, masyarakat sekitar, BKK Batangan, Pemdes Bulumulyo dan terutama dari Koramil 15/Batangan sebanyak 10 Juta rupiah,”Imbuhnya.(Snpt/Pendim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama