Polresta Jayapura Kota Dalami Kasus Kebakaran di APO Kali, 55 Unit Rumah Hangus Terbakar


Polresta Jayapura Kota – Anggota Kepolisian Polresta Jayapura Kota hingga kini masih terus melakukan pendataan serta penyelidikan terkait kasus kebakaran yang menghanguskan puluhan rumah di Apo Kali Kelurahan Bhayangkara Distrik Jayapura Utara Kota Jayapura, Kamis (26/11) siang, pukul 12.15 WIT.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH.,S.IK.,M.Pd menerangkan hingga saat ini pihaknya belum mengetahui pasti penyebab kebakaran yang menghaguskan 55 unit bangunan, namun dugaan sementara akibat ledakan tabung gas dari salah satu rumah korban.

“Dari keterangan saksi menyebutkan kebakaran itu akibat kebocoran katup selang tabung gas Elpiji, namun kami masih akan dalami lagi,” ujarnya.

Ia pun menerangkan api mulai merembet dan membesar lantaran rumah korban semi permanen.

“Warga sekitar berusaha memadamkan api namun semakin membesar dan menyembar bangunan lainnya yang berdempetan,”terang Kapolresta. 

Api sendiri berhasil dipadamkan lima jam kemudian, setelah Anggota Polresta Jayapura Kota yang dipimpin langsung  Wakaporesta AKBP Supraotono, S.Sos.,M.Si didampingi Kabag Ops Kompol Nursalam Saka, S.Pd.,MM yang di backup Polda Papua, Kodim, serta pemadam kebakaran dan warga tiba di lokasi kejadian.

“Saat di TKP anggota mengalami kesulitan, lantaran kondisi angin sehingga api merembet ke bangunan lainnya dan pada akhirnya padam juga,” tuturnya.

Untungnya Kata Kapolresta, dalam kejadian yang menghanguskan 55 unit bangunan yang terdiri dari ratusan petak kos tidak ada korban jiwa maupun luka-luka.

“Tidak ada korban dalam musibah itu. Meski sebelumnya dilaporkan ada warga terjebak, yang kemudian ditemukan selamat usai melarikan diri kearah hutan belakang lokasi kejadian,” tuturnya.

Ditanyakan berapa banyak korban yang menjadi korban dalam musibah itu, lanjut Kapolresta masih di data dan kerugian ditaksirkan mencapai 8 Milyar Rupiah. 

“Untuk jumlah jiwa kami akan berkoordinasi dengan dinas sosial kota jayapura, termasuk keriguan yang diduga mencapai milyaran rupiah,”ucapnya.

Mantan Kapolres Jayapura Ini pun menambahkan setelah dilakukan pendataan, direncanakan akan dilakukan olah tempat kejadian perkara guna memastikan penyebab pasti kebakaran itu. (*) 


Penulis   : Andi

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama