Masyarakat Desa Sumberejo Diimbau Jaga Kebersihan DAS



Lumajang, Pendim 0821 - Bati Wanwil Koramil 0821/02 Sukodono Peltu Setiono, mengimbau agar masyarakat Desa Sumberejo ikut berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di wilayah saluran irigasi sekunder. 

Hal tersebut disampaikannya saat pelaksanaan kegiatan karya bakti Normalisasi Daerah Aliran Sungai (DAS), di sekitar pintu air saluran irigasi Dusun Sekar Putih Desa Sumberejo Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Selasa (9/2/2021).

Setiono juga mengatakan, bahwa kehadiran personal Koramil Sukodono yang ikut bergotong royong bersama warga merupakan wujud dari salah satu fungsi Koramil, yakni harus tahu situasi dan kondisi di wilayah binaannya.

Lanjut dia, kegiatan karya bakti yang dilaksanakan yaitu membersihkan sampah dan rumput liar yang telah menumpuk dan mengganggu aliran sungai, ini dilakukan agar aliran sungai dapat mengalir dengan lancar dan terus terjaga kebersihannya.

"Pembersihan sungai ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan, sehingga Koramil, Pemerintah Desa bersama warga melaksanakan kegiatan karya bakti pembersihan sungai yang banyak ditumbuhi tanaman liar maupun sampah.” katanya. 

Sementara itu, Kepala Desa Sumberejo Akhjab mengungkapkan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dari jajaran TNI, dalam pelaksanaan kegiatan pembersihan aliran irigasi dari sampah dan rumput liar.

Lebih lanjut, dirinya juga menerangkan bahwa aliran irigasi ini memiliki fungsi utama untuk pengairan lahan pertanian yang ada di Desa Sumberejo.

“Terima kasih kepada personel Koramil 0821/02 Sukodono dan masyarakat yang telah turut berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan ini. Semoga dengan kegiatan ini, aliran irigasi dapat mengaliri lahan pertaian dengan lancar sehingga nantinya akan berdampak pada peningkatan perekonomian petani." pungkasnya. (Pendim 0821/By)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama